Sukses

Menunda Kehamilan

23 Jun 2018, 10:40 WIB
Pria, 20 tahun.

halo dokter... saya ingin bertanya mengenai keresahan hati saya. saya mau menikah bulan depan namun saat ini saya masih sambil kuliah sehingga saya ingin tidak hamil dulu sebelum kuliah saya selesai, namun saya tidak di izinkan untuk ikut suntik KB oleh orang tua saya karna haid saya yang tidak teratur khawatir kalau nikah langsung ikut KB dalam kondisi saya yang kurang subur nntinya akan sulit untuk memiliki anak, mohon sarannya dok bagaimana agar tidak hamil dulu namun tidak mengikuti suntik Kb, terima kasih

Terima kasih telah menggunakan fitur TanyaDokter,

Halo!

Haid merupakan suatu periode terjadinya perubahan dalam organ reproduksi wanita. Setiap bulannya, kandung telur melepaskan satu telurnya. Bersamaan dengan itu, dinding rahim ikut menebal guna mempersiapkan tempat untuk penempelan sel telur yang telah dibuahi oleh sperma.

Kemudian, bila tidak ada pembuahan, lapisan rahim yang menebal tadi akan luruh melalui vagina dalam bentuk darah dan sel-sel yang rusak. Inilah yang dinamakan haid atau menstruasi.

Umumnya, sebuah siklus haid berjarak 21–35 hari dari bulan ke bulan dan berlangsung selama 2–8 hari. Pada beberapa bulan saat pertama kali haid, jarak antara siklus dapat memanjang atau bahkan memendek. Hal ini merupakan proses adaptasi tubuh yang tergolong normal.

Seiring pertambahan usia, siklus haid akan menetap dan lebih teratur. Namun mendekati masa menopause, siklus haid akan kembali tidak teratur akibat adanya perubahan hormon.

Saat pertama kali haid dan menjelang masa menopause, haid tidak teratur merupakan kejadian yang normal. Namun pada beberapa kasus, kondisi itu terjadi berulang dan berlangsung di luar periode tersebut.

Beberapa kondisi yang menjadi ciri haid tidak teratur, yakni:

1. Terjadi perdarahan di luar siklus haid

2. Jumlah darah lebih banyak, dan perlu mengganti pembalut tiap 1–2 jam atau harus mengenakan pembalut ganda

3. Lama haid lebih dari 7 hari

4. Haid terjadi lebih dari 1 kali dalam sebulan

5. Tidak haid dalam kurun waktu >90 hari

6. Adapun siklus menstruasi tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal

Jadi, hal pertama yang perlu dipastikan adalah apakah benar haid anda tidak teratur? Bagaimana siklus haid anda?

Tujuan kontrasepsi (termasuk KB suntik) adalah menunda kehamilan. Pemakaian kontrasepsi tidak menyebabkan anda sulit memiliki keturuanan. Namun, memang terdapat banyak sekali metode kontrasepsi yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan dan kenyamanan anda dan pasangan.

Secara umum, terdapat metode kontrasepsi non hormonal (kondom, IUD non-hormonal, vasektomi, tubektomi, dsb) dan hormonal (pil, suntik, implan, dsb). Silahkan baca beberapa artikel berikut untuk membantu anda:

Cara Memilih Metode Kontrasepsi Sesuai Kebutuhan

Perhatikan Ini Saat Memilih Metode Kontrasepsi

Jika masih bingung, tidak ada salahnya anda dan calon suami melakukan konseling kontrasepsi. Hal ini bisa dilakukan di bidan ataupun dokter.

Demikian penjelasan kami, semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar