Sukses

Bayi Belum BAB Seharian
22 Jun 2018, 19:46 WIB
Wanita, 23 tahun.

selamat sore dokter... bayi saya umur 3 minggu... seharian ini belum BAB dan bayi saya sering ngorok serta kagetan dokter..apakah wajar??

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Bayi Belum BAB Seharian.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Anda tidak perlu khawatir selama bayi anda tetap tampak sehat, berat badan tetap bertambah, perut tidak kembung dan bayi anda tidak rewel. Memang wajar terjadi perubahan dalam frekuensi BAB bayi dengan semakin bertambahnya usia bayi, hal tersebut menunjukkan bahwa seluruh produk yang masuk ke dalam tubuh dapat terserap oleh sistem pencernaan bayi. Tidak ada batas waktu yang dapat dijadikan patokan waktu yang normal bagi bayi untuk BAB. Frekuensi buang air besar pada bayi bervariasi, dapat 4 - 10 kali sehari atau sebaliknya, sekali dalam 3 - 7 hari.

Yang perlu anda khawatirkan adalah jika penurunan frekuensi BAB pada bayi anda disertai dengan timbulnya keluhan-keluhan seperti bayi menjadi lebih rewel, perut kembung dan teraba keras, sering muntah, berat badan tidak naik, dll. Jika hal-hal tersebut terjadi pada bayi anda, kami sarankan sebaiknya anda segera membawa bayi anda ke dokter spesialis anak.

Penyebab dari mendengkur pada anak adalah pembesaran tonsil dan adenoid, obstruksi atau sumbatan hidung, berat badan kurang, berat badan berlebih atau obesitas, dan tekanan darah tinggi. Selain itu, disebutkan juga dalam suatu penelitian bahwa terdapat hubungan antara mendengkur dengan gejala asma (alergi).

Bayi yang sering kaget saat tidur dan sering menggeliat menunjukkan refleks umum pada bayi. Namun bila keluhan ini berlanjut hingga anak berusia 2 tahun maka perlu ditelusuri penyebabnya. Bayi memiliki waktu tidur sekitar 16-20 jam dengan periode tidur 1-4 jam dan diikuti periode bangun sekitar 1-2 jam. Bayi pada usia 1-12 bulan umumnya tidur dalam waktu 14-15 jam pada usia 4 bulan. Dengan usia bayi yang sudah mencapai 6 minggu lebih, pola tidur mulai terbentuk. Durasi terpanjang tidur anak saat usia 1-4 bulan dapat mencapai 4 sampai 6 jam, dan jumlah kebutuhan tidurnya mencapai 14 sampai 15 jam sehari. Kerancuannya dalam membedakan siang dan malam perlahan-lahan mulai menghilang.

Bayi akan sering terbangun di malam hari karena hal tersebut adalah siklus diurnalnya. Namun seiring dengan pertambahan usia, bayi akan menyesuaikan waktu tidurnya di malam hari. Setelah usia 9 bulan,  70-80% bayi akan tidur sepanjang malam.

Jika Anda masih ragu mengenai kondisi anak Anda, kami sarankan agar memeriksakan anak ke dokter spesialis anak.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Bayi Belum BAB Seharian. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar