Sukses

Eksim Alergi yang Sering Kambuh

22 Jun 2018, 17:22 WIB
Pria, 24 tahun.

Dok. Saya punya penyakit Exim. Kalo disalep sembuh .nanti muncul lagi. Adakah obat yg bisa menghilangkan secara permanen

Terima kasih telah bertanya tentang eksim melalui fitur Tanya Dokter.

Dari riwayatnya, yang Anda alami sepertinya adalah eksim atau disebut juga dermatitis atopik/alergika. 

Eksim atau dermatitis alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing tertentu atau yang disebut alergen terhadap kulit. Apabila alergen masuk ke dalam tubuh seseorang, melalui berbagai cara, baik terhisap, tertelan, ataupun kontak dengan kulit, maka sistem kekebalan tubuh seseorang yang memiliki alergi akan aktif dan menimbulkan reaksi yang berlebihan. Gejala dermatitis alergi macam-macam, bisa berupa kemerahan, gatal, bentol, iritasi dan sebagainya.

Kendati alergi bersifat genetik, seseorang tetap memiliki risiko alergi sebesar 5-15 persen tanpa mempertimbangkan ada atau tidaknya riwayat alergi pada orangtua penderita. Mengingat banyaknya alergen di luar riwayat keluarga (genetik), hendaknya Anda memperhatikan dengan lebih teliti apa yang mungkin menjadi faktor pemicu timbulnya alergi, seperti jenis makanan, kondisi udara, atau faktor pemicu lainnya.

Alergi tidak dapat hilang sepenuhnya, yang dapat dilakukan bagi penderita alergi adalah melakukan pencegahan atau penghindaran dari materi-materi yang dapat menyebabkan alergi. Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang dapat memicu timbulnya reaksi alergi Anda dan menghindarinya.

Sudahkah Anda mengetahui faktor pencetus timbulnya kondisi ini? Pengobatan eksim yang utama adalah menghindari zat yang mencetuskan reaksi alergi tersebut muncul.

Bila reaksi alergi sudah terlanjur muncul, Anda dapat mengobatinya dengan antihistamin seperti CTM, Cetirizine, atau Loratadine. 

Baca juga: 4 Tip Tepat untuk Mengatasi Alergi

Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter kulit untuk mengetahui sebab pasti dan mendapatkan terapi yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar eksim. Semoga bermanfaat. 

    0 Komentar

    Belum ada komentar