Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Kondom dan HIV

22 Jun 2018, 15:25 WIB
Pria, 22 tahun.

Hallo dokter..selama ini yang saja demgar dapatkan jawaban hanya teori saja tanpa kasus, jadi pertanyaan nya: 1. Manakah yang lebih beresiko hubungan oral tanpa kondom atau penetrasi vagina dengan kondom? 2. Adakah hasil penelitian konkrit/(bukan teori) kasus yang ditemukan dalam hal penggunaan kondom secara konsiten namun masih tertular hiv? 3. Adakah penelitian/kasus konkrit(bukan teori) hiv menular melalui hubungan oral baik wanita/pria yang megoral?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Kondom dan HIV melalui fitur Tanya Dokter.

Saat ini masalah HIV dapat menembus por-pori kondom masih menjadi polemik dan perdebatan ahli. Pori-pori kondom telah diteliti lebih besar dibandingkan virus HIV itu sendiri, namum ahli berpendapat perpindahan virus melewati membran kondom memerlukan waktu yang lama sehingga kecil kemungkinan jika berpindah jika kondom dalam kondisi baik. Namun jika terdapat kerukan, walaupun dalam skala mikro, maka penulan sangat mungkin terjadi. Pertanyaannya saat ini tidak ada yang menjamin apakah kondom Anda baik-baik saja saat digunakan. Tentu saja sperma tidak akan keluar jika kerusakan hanya dalam skala mikro, tapi virus HIV dengan ukuran yang sangat kecil sangat mungkin berpindah.

Selain itu jika pasangan seks Anda menderita HIV, penularan tidak semat-mata menular lewat cairan sperma dan cairan vagina. Luka pada tubuh penderita dan mengeluarkan cairan tubuh (darah) ketika bersentuhan dengan luka mikro pada tubuh kita, juga menjadi sumber penularan HIV.

Anda dapat memeriksakan pertama kali saat terpapar dan setelah 3 bulan terpapar. Kami sarankan agar Anda rutin kontrol kepada dokter dan untuk saat ini tidak perlu terlalu khawatir sebab bagaimanapun Anda menggunakan kondom saat melakukan hubungan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Kondom dan HIV. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar