Sukses

Penyebab Mual dan Muntah

22 Jun 2018, 14:47 WIB
Pria, 30 tahun.

dok sya mau tnya... adik saya awalnya punya keluhan di perutnya yang sakit hebat sekali saat di teken perutnya, lalu kami lari kermh sakit, setelah itu dokter disana mengambil tindakan medis yaitu oprasi bedah besar yang ternyta ada radang pada ususnya yg mengakibatkan ususnya sobek. setelah di oprasi perut adik saya tidak sakit lagi dan kondisinya mulai membaik walapun adik saya sering deman naik turun dan batuk. setelah selesai di rawat di rumah sakit, kondisi adik saya masih suka deman naik turun dan batuknya, kami akhirnya konsultasi ke dokter dan tempat yang sama. ternyta di ketahui adik sya menderita TB. setelah itu adik saya di berikan obat TB. selang seminggu adik saya mengalami mual dan muntah untuk demannya sudah tidak deman.saya pun balik lagi ke dokter dan tempat yang sama untuk konsultasi. setalah itu adik saya di kasih obat, selang seminggu lagi adik sya mengalami hal yang sama, akhirnya sya balik ke dokter dan tempat yang sama, setelah itu dokter menyarankan untuk di rwat 3 hari setelah paska di rawat 3 hari adik sya membaik, dokter mengatakan ini dari maghnya tapi setelah dua minggu di rawat adik sya mengalami hal yang sama lagi dan badannya sering deman naik turun. yang saya mau tnyakan apa yng terjadi dengan adik sya ya..? apakah mual dan muntahnya dari obat tb sehingga berakibat ke maghnya? lalu apakah bisa di sembuhkan ya untuk mual dan muntahnya... terima kasih

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Penyebab Mual dan Muntah melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda saat ini adalah sering mual dan muntah. Keluhan Anda bisa terjadi karena perut kembung. Kembung dapat disebabkan karena sindrom dispepsia. Sindrom dispepsia merupakan suatu kumpulan gejala saluran cerna terdiri dari perut kembung, terasa penuh sehingga mudah kenyang, perut perih di bagian atas (ulu hati), sering bersendawa, mual, muntah, dll. Dispepsia biasanya disebabkan oleh penyakit ulkus lambung atau kelebihan asam lambung. Pengobatan sindrom dispepsia sangat tergantung dari penyebabnya.

Kami tidak dapat memastikan apakah mual muntah yang dialami oleh adik Anda berhubungan dengan obat yang ia konsumsi atau tidak. Kami sarankan Anda untuk melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis penyakit dalam secara langsung agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Penyebab Mual dan Muntah. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar