Sukses

Sering Lapar Walau Sudah Makan

22 Jun 2018, 12:52 WIB
Pria, 25 tahun.

Saya ahmad basuki, saya ingin bertanya. Ayah saya punya penyakit diabetes melitus. Dan sudah lama juga menderita penyakit ini dari saya masih sekolah dulu. Sekarang dia sudah parah , ingatannya sudah hilang. Dia tidak bisa membedakan mana makanan dan mana bukan makanan, dia tidak bisa menahan lapar. Kerjaannya makan trus kalo dilarang dia marah-marah, dia kan harus diet ya tapi sulit untuk di larang. Akhirnya saya dan keluarga membebaskan jika ayah saya hendak ingin makan, karena pernah suatu hari kami tidak menyediakan makanan (karena sengaja agar dia tidak makan terus) tapi dia sampai mencari cari makanan di tempat sampah dan pernah jg ada plastik di gantung isinya rinso cair, dia pikir itu makanan. Makanya saya dan keluarga sudah kewalahan menghadapi ayah saya. Apa yg terjadi ya dok, ada apa dengan ayah saya?

Terima kasih telah bertanya tentang Sering Lapar Walau Sudah Makan melalui fitur Tanya Dokter

Rasa lapar bisa disebabkan oleh lambung kosong atau saat kondisi tubuh hipoglikemia (kadar gula rendah) yang akan memberi sinyal ke otak untuk makan. Selain itu, mencium bau makanan juga dapat memicu rasa lapar. Rasa lapar merupakan hal yang normal terjadi. Namun, jika Anda tidak dapat mengontrol nafsu makan dan terus menerus merasa lapar, ada beberapa kemungkinan penyebabnya, yaitu:

  • Terlalu banyak makan makanan yang mengandung kadar gula tinggi/minuman bersoda
  • Kurang tidur: kurang tidur selain memperlambat metabolisme tubuh juga dapat merangsang hormon ghrelin yang memicu rasa lapar
  • Stress/bosan
  • Tidak sarapan
  • Mengalami diabetes atau hipertiroid
  • Aktivitas fisik berat atau kelelahan

Apakah kondisi diabetes ayah Anda sudah diperiksakan secara rutin? Kadar gula darah yang tidak stabil dapat mengakibatkan rasa lapar terus menerus. Jika memang belum diperiksakan kembali, saya sarankan Anda mambawa ayah untuk kontrol, memeriksakan kadar gula darah sehingga pengobatan yang saat ini sedang dijalankan dapat dievaluasi lebih efektif.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Sering Lapar Walau Sudah Makan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar