Sukses

Badan Kurus

22 Jun 2018, 09:52 WIB
Pria, 27 tahun.

Saya mau tanya! Suami saya itu kerja d lestoran bagian grill/bakaran, sebelum suami saya kerja d restoran badan nya agak gemuk/ berisi, tpi semenjak d restoran badannya kecil dan kurus padahal udah minum susu/ obat pengemuk gitu dok. App karna setiap hari menghirup asap jdi add masalah d paru2 nya atau gimna ya? Mata nya juga jdi sering merah dan agak bermasalah krna kerja d restoran. Terimakasih atas perhatiannya dok.

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Pada dasarnya, berat badan tidak bertambah disebabkan karena konsumsi energi lebih rendah dari kebutuhan. Dalam hal ini, sebagian cadangan energi tubuh dalam bentuk lemak akan digunakan. Penyebab lain adalah karena metabolisme tubuh yang cepat (biasanya merupakan faktor keturunan).  Selain itu, seseorang yang termasuk dalam kategori kurus dapat disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti hipertiroid atau tuberkulosis. Untuk keluhan hipertiroid, umumnya akan dialami berbagai keluhan seperti berdebar, tangan bergetar, cepat berkeringat dan penurunan berat badan

Jika pola makan Anda sudah baik, bagaimana dengan pola aktivitas Anda? Adakah keluhan lain yang Anda rasakan seperti batuk lebih dari 2 minggu atau tangan gemetar, sering buang air besar?

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menaikkan berat badan, antara lain:

  • Makan secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang lebih banyak dari biasanya dan ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal.
  • Meningkatkan asupan protein dan karbohidrat sangat baik untuk meningkatkan berat badan. Makan lebih banyak makanan sumber energi dan protein dari biasanya seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu. 
  • Berolahraga secara teratur. Beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang tentunya berguna untuk menaikkan berat badan. Jenis olah raga pun tidak perlu yang sulit atau terlalu berat. Berjalan kaki selama 30 menit secara teratur sudah cukup untuk menjaga keseimbangan tubuh.
  • Istirahat yang cukup agar energi Anda tidak banyak terbuang percuma.
  • Memperbanyak minum air putih.

Untuk mengatur menu, menghitung kalori dan menjaga stabilitas peningkatan berat badan, kami sarankan Anda berkonsultasi kepada dokter ahli gizi secara langsung. Hal ini disebabkan karena mengatur menu untuk peningkatan berat badan membutuhkan perhitungan dan banyak pertimbangan sesuai dengan kondisi masing-masing individual. Selain itu setiap jenis makanan mengandung kalori yang berbeda-beda. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar