Sukses

Kanker Usus Besar

22 Jun 2018, 09:52 WIB
Wanita, 19 tahun.

Permisi dok, saya mau tanya, sudah sekitar 2 berjalan 3 tahun saya mengalami masalah pencernaan yaitu sering sembelit dan mengeluarkan darah serta rasa perih di anus,yang saya takutkan bahwa sebenarnya saya menderita kanker usus karena saya juga menderita anemia, nah tapi apabila memang saya menderita kanker usus besar tapi berat badan saya malah susah turun dok, bukankah gejala kanker usus besar itu menurunnya berat badan secara drastis?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kanker usus adalah pertumbuhan abnormal sel  pada  rongga usus. Gejalanya bisa berupa gangguan BAB, BAB berdarah, perut kembung, gangguan pencernaan, nyeri perut, penurunan berat badan dan lemas.  

Faktor risikonya adalah keturunan genetis,  konsumsi makanan hewani yang berlebih, dan kurang serat. Pengobatan dari kanker usus besar (ca. Colon), sangat berdasarkan dari stadium kanker yang diderita. Jika kanker masi stadium awal dan belum menyebar maka sebaiknya dioperasi karena dengan demikian sel kanker yang diketemukan dapat diangkat dengan sempurna. Bila sudah menyebar biasanya dilakukan pengobtan berupa kemoterapi dan harus dengan operasi juga (pengangkatan usus). Yang dapat dilakukan adalah pencegahan dengan cara mengkonsumsi banyak sayur dan buah, dan diatas usia 50 tahun rutin melakukan pemeriksaan usus. 

Kami sarankan Anda melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui penyebab keluhan Anda. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar