Sukses

Acanthosis Nigricans

22 Jun 2018, 09:51 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok, saya ingin bertanya. Jadi, adik saya (16 thn) sudah lama lehernya dan ketiaknya berwarna hitam, seperti bercak begitu. Awalnya saya kira itu daki, jadi saya sering scrubbing seminggu sekali. Tapi sampai sekarang tidak hilang juga. Lalu saya baru baca ttg acanthosis nigricans dan mirip gejalanya. Apakah ini menandakan adik saya prediabetes? Lalu sebaiknya apa yang bisa di lakukan ya dok? Terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Tanda hitam di leher belakang (tengkuk) disebut dengan achantosis nigricans.

Achantosis nigricans merupakan suatu kelainan kulit yang ditandai oleh adanya penebalan kulit (hiperkeratosis) dan perubahan warna kulit menjadi lebih gelap (hiperpigmentasi) terutama pada daerah lipatan dan leher. Terkadang achantosis nigricans dapat menimbulkan bau tidak sedap dan gatal, meskipun sebagian besar tidak menimbulkan keluhan. 

Beberapa faktor risiko dan penyebab achantosis nigricans diantaranya:

  • obesitas
  • diabetes melitus
  • sindrom cushing akibat penggunaan obat kortikosteroid jangka panjang
  • gangguan hormonal: biasanya pada wanita dengan sindrom polikistik ovarian (PCOS, kista di indung telur)
  • ras: orang berkulit hitam (afrika)
  • kanker: jarang terjadi, gejala berupa munculnya akantosis yang melebar dengan cepat, bisa juga muncul di daerah mulut, tenggorokan, lidah, atau saluran cerna.

Untuk menentukan apakah benar achantosis nigricans atau bukan diperlukan wawancara medis mendetil dan pemeriksaan fisik secara langsung. Achantosis nigricans seringkali dihubungkan dengan resistensi insulin (diabetes melitus). Maka dari itu, kami sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisilk atau pemeriksaan penunjang jika diperlukan seperti pemeriksaan darah lengkap, kadar gula darah, atau pemeriksaan organ reproduksi.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

2 Komentar