Sukses

Pengobatan Usus Buntu

22 Jun 2018, 09:51 WIB
Wanita, 20 tahun.

Saya ingin bertanya Dok, apakah usus buntu bisa sembuh tanpa operasi atau harus selalu dilakukan operasi? Terimakasih dok

Terima kasih telah bertanya seputar usus buntu dan operasi menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Nyeri di perut kanan bawah memang merupakan salah satu tanda khas dari usus buntu. Usus buntu atau dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah ‘appendisitis’ adalah peradangan dari usus buntu atau apendiks.

Gejala klasik dari usus buntu adalah nyeri tiba-tiba di daerah sekitar pusat pada fase awal. Selain itu, pasien juga dapat mengeluh mual, muntah dan demam. Selain itu, nyeri perut juga juga dapat berpindah ke bagian perut kanan bawah. Apabila peradangan usus buntu ini pecah, maka akan menyebabkan materi usus mengkontaminasi rongga perut. Dinding abdomen akan terasa tegang dan nyeri.

Nyeri perut pada usus buntu umumnya berawal di regio sekitar pusat dan menjalar ke kanan bawah setelah beberapa jam. Nyeri perut akibat sakit maag umumnya berada di daerah ulu hati, disertai gejala seperti perut penuh, dan mual. Nyeri akibat batu empedu umumnya terjadi tiba-tiba dan dicetuskan oleh makanan berlemak.

Pemeriksaan yang umumnya dilakukan untuk membantu dalam menegakkan diagnosis adalah pemeriksaan darah, dan pemeriksaan radiologis. Pemeriksaan radiologis yang awalnya dilakukan adalah pemeriksaan foto abdomen dan USG perut.

Terapi utama dari apendisitis adalah pembedahan. Selain itu dokter juga dapat memberikan berbagai pengobatan lain, salah satunya adalah antibiotik. Untuk mendapatkan penanganan yang optimal, sebaiknya Anda mengikuti saran yang telah diberikan oleh dokter Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar usus buntu dan operasi, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar