Sukses

Mengatasi Bau Badan

21 Jun 2018, 13:20 WIB
Wanita, 29 tahun.

mlm dok..mau nanya dok. slma 17 tahun dok mlai masa puber sy sdh mngalami bau badan dan sgla macam ramuan sy sdh coba nmun hsilx jg tdk ada.mndi sy rutin 2xsehri smpai sbun jg deodorant gonta gnti jka baux tdk knjung hlang. bau bdan sy sgat mngnggu dok trutama daerah ktiak itu yg membuat sy sgat tdk prcya diri. dok apakah ada cara yg bsa mnghilangkan bau badan ini secra permanen slx sgat mngnggu? mksih dok

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan tentang cara menghilangkan bau badan.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Masalah bau badan memang dapat menjadi masalah sendiri.

Bagaimana dengan produksi keringat tubuh Anda? Karena bau badan juga dipengaruhi oleh produksi keringat maka biasanya sulit untuk dihilangkan seluruhnya, namun dapat dikontrol dan dikurangi.

Untuk mengatasi bau badan, Anda dapat mencoba beberapa tips berikut:

1. Mandi yang teratur setiap hari dengan menggunakan sabun antiseptik.

2. Jika makanan mempengaruhi bau badan Anda, hindari konsumsi makanan-makanan dengan aroma yang kuat dan beberapa bahan makanan seperti bawang, bawang putih, makanan berlemak, minyak, dan alkohol.

3. Jagalah agar ketiak dan kaki Anda tetap kering untuk menghambat pertumbuhan bakteri.

4. Mencukur ketiak dapat mengurangi keringat dan bau badan.

5. Gunakan pakaian berbahan alami seperti katun dan sutera yang tidak menghambat penguapan keringat tubuh.

6. Gunakan sepatu dan kaos kaki dari bahan alami agar tidak menghambat penguapan keringat tubuh. Pastikan Anda mengganti kaos kaki setiap hari.

7. Berikan waktu cukup banyak untuk bertelanjang kaki sehingga mengurangi kelembaban daerah kaki.

8. Gunakan anti-perspiran pada malam hari sebelum tidur untuk menekan produksi kelenjar keringat pada saat tubuh sedang tidak berkeringat. Penggunaan deodoran lebih baik digunakan pada siang hari karena berguna untuk menutup bau badan dengan bahan pengharum.

9. Terapi relaksasi seperti yoga atau meditasi untuk mengatasi keringat yang berlebihan karena stres.

Jika setelah melakukan tips-tips di atas Anda masih mengalami produksi keringat yang berlebihan, mungkin terdapat kondisi kesehatan yang lebih serius. Anda mungkin memerlukan penanganan yang lebih spesifik dari tips-tips di atas. Kemungkinan diperlukan pemberian obat-obatan, suntikan, iontoforesis atau tindakan bedah. Untuk menentukan pilihan yang tepat lebih lanjut, kunjungilah dokter Anda dan konsultasikanlah keluhan Anda lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara mengatasi bau badan. Semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar