Sukses

Penyebab Gangguan Tidur Berjalan

20 Jun 2018, 20:45 WIB
Pria, 23 tahun.

dok saya punya masalah tidur, saya bisa bangun dalam keadaan tidak sadar dengan mata terbuka dan bahkan saya berbicara dan bisa balas chat di hp tapi ga nyambung , apakah saya punya penyakit tertentu

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai gangguan tidur berjalan melalui fitur Tanya Dokter. 

 

Gangguan tidur berjalan, atau disebut dengan somnambulisme, merupakan gangguan tidur yang ditandai dengan perilaku berjalan tanpa sadar saat sedang tidur. Penyakit yang lebih dikenal oleh masyarakat awam dengan istilah sleepwalking ini lebih sering dialami oleh anak-anak. Meski demikian, orang dewasa juga dapat mengalaminya.

Hingga kini belum diketahui pasti penyebab gangguan tidur berjalan. Namun beberapa hal berikut dapat menyebabkan seseorang lebih rentan mengalaminya:

Riwayat gangguan tidur berjalan dalam keluarga

Gangguan kejiwaan seperti depresi dan gangguan obsesif kompulsif

Kurang tidur

Kelelahan

Cemas atau stres

Konsumsi narkoba dan alkohol 

 

Pada umumnya tidak ada pengobatan khusus pada gangguan tidur berjalan. 

Pada orang dewasa, gangguan tidur berjalan biasanya juga tidak membutuhkan pengobatan tertentu. Meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur, misalnya dengan tidur dalam jumlah waktu yang cukup (6–8 jam tiap malam), umumnya bisa membantu meredakan gangguan ini.

Bila gangguan tidur berjalan berlangsung dalam waktu yang lama, terkadang obat antidepresan diperlukan. Pemberian obat ini dilakukan oleh dokter ahli kejiwaan (psikiater). 

 

Untuk mencegah timbulnya gangguan tidur berjalan, lakukan sleep hygiene(pola tidur yang sehat), mencakup:

Tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari, termasuk saat hari liburSuasana ruangan tenang dan gelap saat tidurJauhkan diri dari televisi, komputer, dan gawai dari kamar tidurHindari makan terlalu banyak, mengonsumsi kafein, dan minum alkohol menjelang tidurLakukan latihan fisik rutin setiap hari. 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

    0 Komentar

    Belum ada komentar