Sukses

Anak Menelan Benda Asing

21 Jun 2018, 09:08 WIB
Pria, 31 tahun.

Assalamu alaikum. Saya mau tanya nih dok. Anak saya umur 3thn 10 bln, hari minggu tanggal 17 kmarin dulu dgn tidak sengaja dia menelan kelereng. Pada saat itu setelah dia menelan kelereng dia sesak atau apa, dia biasa saja, sempat panik waktu itu tapi setelah baca beberapa artikel diinternet mngenai hal yang dimaksud katanya pada akhirnya nanti akan kluar bersama kotoran lewat anus, tapi dari kmarin anak saya belum BAB juga mlah siangnya senin anak saya mlah mual2 tapi hanya sampai 2 x dgn harapan mnggu BAB tapi sampai malam rasa BAB gak ada, kemudian belum kentut. Kenudia jam pagi dia bangun ingin muntal tapi yg keluar cuman air liur gitu sampa pagi ini dia rasa ingin muntah dan 2 kali dia muntahkananya, karena saya sahur jam 4 subuh dia ikut makan juga sama saya. Yang saya mau ingin tantakan dokter gejala apa saya dirasakan anak saya itu, Apa mungkin gara2 kelereng yang dimakan tersebut dan apakah kelereng yang makan tersebut akan tersebut akan keluar bersama BABnya? Dan apa yg harus saya lakukan dokter? Apakah tidak mengapa saya memberikan obat pencahar lewat anusnya untuk memperlancar BABnya, karena dulu pernah waktu dia usia 2thn kesusahan BAB kami kasi obat pencahar alhamdulillah BABnya jd lanccar

Terima kasih atas pertanyaan Anda 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Anak-anak memang sering menelan apapun yang menarik perhatiannya, mungkin untuk selanjutnya dibutuhkan perhatian ekstra atau jauhkan benda-benda yang berbahaya dari jangkauan anak. Perhatikan juga saat anak sedang bermain, dan jangan berikan mainan berukuran kecil pada anak.

Umumnya mekanisme tubuh akan mengeluarkan benda asing atau hasil sisa metabolisme dari apapun yang kita telan.

Setelah anak menelan kelereng tersebut, Apakah ada keluhan seperti sesak nafas atau batuk?

Jika anak terlihat baik-baik saja dan tetap bisa berbicara, maka kemungkinan benda asing tersebut masuk kedalam saluran pencernaan. Jika masuk dalam salurna pencernaan, maka diharapkan benda asing akan keluar kembali saat BAB. Namun jika anak terlihat sesak nafas, Anda harus segera membawa ke rumah sakit, dikhawatirkan benda tersebut masuk ke saluran pernafasan dan hal ini termasuk kedalam kasus kegawatdaruratan. 

Mual pada anak dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti infeksi pencernaan, maag, infeksi influenza, kecemasan, alergi makanan, kercacunan makanan dan banyak lagi.

Kami sarankan Anda segera membawa anak Anda ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh, nanti disana akan dilakukan juga pemeriksaan penunjang seperti rontgen untuk melihat apakah terdapat benda asing didalam tubuh anak Anda.  Pemeriksaan foto polos atau rontgen memang merupakan langkah awal pada setiap orang yang dicurigai tertelan benda asing. Namun, untuk benda-benda yang tidak dapat dilihat pada pada pemeriksaan foto polos (misalnya plastik), dapat dilakukan esofagogram atau esofagoskopi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar