Sukses

Cara Menambah Berat Badan

21 Jun 2018, 07:12 WIB
Wanita, 19 tahun.

Maaf dok , mau tanya ?? 1. Cara agar berat badan naik gimana yah . kadang kalo ada masalah sedikit kepikiran cepet turun . plg kecil 37 kg tp klo di ajak bercnda bahagia trus mlah doyan makn berat bdan pun cpet naik nya shari bsa 1 atau 2 kg mentok" naik cm 40 kg pgn gtu naik 50 .. ?? 2. Saya mau tanya yg ke dua soal wajah.? Muka sya kn kalo kerja suka berminyak tp gk terlalu. Slama sya kerja sya jrng pake make up cm pembersih aja. Nah skrg sya coba pake pixy dr pembersih , pelembab , sm bedak. Nah stlh pake itu muka malah sring jerawatan . di pipi sama jidat.. Trus pori" jdi besar dan kasar bintik hitam jd jelas.. ?? Trus ada kaya tahi lalat coklat . jg lumayan .. Kdang mau sya kelupas cm sakit jd gk sya kelupas lg. Tdinya sya kira jerawat .. Pas di liat kaya tahi lalat coklat.. ?? Mnurut dokter solusinya gmna ya ?? Cm sya lg coba pake masker lidah buaya yg di tanem d rmh..

Terimakasih telah bertanya seputar cara menambah berat badan melalui fitur Tanya Dokter.

 

Berikut ini adalah beberapa saran sehat untuk meningkatkan berat badan Anda:

Makan lebih sering. Pada saat Anda masih underweight, akan cenderung cepat kenyang. Karena itu, makanlah lebih sering 5-6x sehari dengan porsi kecil dibandingkan makan dengan porsi besar 2-3x sehari.Pilih karbohidrat yang kaya nutrisi. Pilih roti gandum yang kaya vitamin B dan sereal/biji-bijian seperti oatmeal/havermut, banyak makan buah dan sayur.Makan banyak sumber protein. Sumber protein seperti daging merah, ayam, ikan, telur, dairy products seperti keju dan susu full cream, serta kacang-kacangan. Produk suplemen yang mengandung protein whey juga dapat membantu.Minumlah smoothies/shakes/yoghurt (dari susu/buah). Hindari konsumsi minuman kemasan yang tinggi kalori namun tidak ada kandungan gizinya.Jangan minum air putih sebelum makan. Bagi sebagian orang, minum air putih sebelum makan akan mengurangi rasa lapar sehingga makan lebih sedikit.Perbanyak snack berkalori tinggi. Snack yang dianjurkan seperti keju, buah-buah berkalori tinggi (alpukat, pisang, mangga), ubi manis, roti dengan selai, yoghurt.Tetap batasi konsumsi gula tambahan dan lemak. Sekalipun Anda underweight, tetap batasi konsumsi gula tambahan dari gula pasir, minuman kemasan dan makanan siap saji lainnya.Makanlah protein terlebih dahulu sedangkan sayur terakhir. Jika terdapat berbagai jenis makanan di piring Anda, makan terlebih dahulu yang padat kalori dan tinggi protein. Makanlah sayur terakhir, sebab sayur membuat Anda cepat kenyang.Suplemen kreatin. Konsumsi suplemen yang berisi kreatin monohidrat dapat membantu Anda meningkatkan BB. Perlu diperhatikan agar konsumsi suplemen ini tidak berlebihan supaya tidak membebani hati dan ginjal Anda.Olahraga. Olahraga jenis strength training, akan membantu meningkatkan BB Anda, dengan membentuk otot. Olahraga juga akan meningkatkan nafsu makan Anda.Pastikan tidur Anda berkualitas. Kualitas tidur yang baik sangat penting untuk pertumbuhan otot Anda.Jangan merokok. Perokok cenderung memiliki BB yang lebih kurang daripada bukan perokok. Berhenti merokok juga berhubungan dengan peningkatan BB.Pada dasarnya, berat badan tidak bertambah disebabkan karena kalori yang masuk lebih sedikit daripada kalori yang keluar. Penyebab lain adalah karena metabolisme tubuh yang cepat (biasanya merupakan faktor keturunan) atau karena penyakit tertentu seperti hipertiroid, anemia, atau tuberkulosis.

Apakah terdapat gejala-gejala tertentu yang Anda rasakan? Bila ini menjadi kekhawatiran Anda, sebaiknya lakukan pemeriksaan menyeluruh dengan dokter untuk menentukan apakah ada kondisi yang mendasari atau tidak. Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar cara menambah berat badan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar