Sukses

Makan Mie Instan dan Minuman Bersoda
21 Jun 2018, 07:12 WIB
Pria, 22 tahun.

Dok bolehkan setelah makan mie instan lalu minum coke?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Pada dasarnya mie memilki bahan dasar tepung terigu (gandum) yang termasuk di dalam golongan karbohidrat sehingga bisa menggantikan nasi. Jadi sebagai sumber tenaga, mi merupakan salah satu sumber yang cukup baik.

Namun yang kurang dari mie adalah kandungan seratnya yang sama sekali tidak ada. Makanan berserat tentu jauh lebih baik karena makanan yang tidak berserat akan diserap dan dijadikan lemak sehingga memudahkan seseorang menjadi obesitas. Obesitas sendiri dapat merembet ke berbagai penyakit seperti sumbatan pada jantung dan penyakit diabetes melitus.

Yang lebih perlu diwaspadai adalah kandungan MSG yang terdapat di dalam bumbu-bumbu mie. MSG banyak mengandung bumbu pengawet yang dapat menyebabkan alergi. MSG sendiri di dalam beberapa penelitian disebutkan dapat menyebabkan kanker. Ada baiknya apabila Anda memasak sendiri mie tersebut, tanpa menggunakan bumbu instan untuk menghindari konsumsi MSG.

Karena kandunganya yang sebagian besar adalah karbohidrat, maka disarankan untuk memasak mie dengan menambahkan berbagai penganan lain di dalamnya sebagai sumber serat (wortel, kol, sawi), dan protein (telur, udang, ayam). Telur sendiri memang merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk pertumbuhan anak. Namun perlu diingat bahwa kuning telur mengandung kolesterol yang cukup tinggi dan berperan di dalam pembentukan sumbatan di jantung. Telur baik untuk dikonsumsi asalkan tidak terlalu sering (3-4x/minggu).

Setiap hari Anda kehilangan air melalui pernafasan, keringat, urine (BAK) dan feses (BAB). Agar tubuh Anda dapat berfungsi dengan baik, maka Anda harus mengganti cairan yang hilang tersebut dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung air.

Suatu studi yang dikeluarkan oleh The Institute of Medicine menyebutkan bahwa konsumsi air yang dianjurkan adalah 3 liter/hari atau setara dengan 13 gelas bagi pria dan 2,2 liter/hari atau setara dengan 9 gelas bagi wanita. Anda mungkin sering dengar saran: minumlah setidaknya 8 gelas air setiap hari. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah. Konsumsi 8 gelas air/hari atau setara dengan 1,9 liter digeneralisasikan bagi orang dengan aktivitas fisik yang normal dan kondisi fisik yang sehat. Akan lebih baik apabila suami Anda dapat membatasi konsumsi teh sehari-hari dan menambah konsumsi air putih.

0 Komentar

Belum ada komentar