Sukses

Bintik Merah Setelah Cat Rambut
21 Jun 2018, 07:12 WIB
Wanita, 33 tahun.

dok,saya punya alergi kulit..yg tiba2 bisa muncul merah2 di kulit kdng gatal n panas..kebetulan sy semir rambut..dibagian leher belakang itu sperti bintil2 merah dan udh saya minum obat cetrizine 10 mg dan dexteem plus..baru 2 hari saya minum sesuai resep dokter krn sblm ini jg alergi jd sy putuskan minum itu utk menghilangkan bintil2 merah yg kena semir rambut..tp sudah 2 hari ini koq blm berkurang ya dok? apakah ada solusi dok ? mgkn apa tdk cocok saya minum obat tsb?

Terima kasih telah bertanya seputar gatal-gatal pada rambut ini melalui fitur Tanya Dokter.

Pewarna rambut permanen atau yang paling sering diaplikasikan untuk mereka yang sudah beruban biasanya mengandung hidrogen peroksida dengan konsentrasi tertentu (2-6%), sama halnya dengan amonia. Kedua bahan kimia ini dapat ‘memasukkan’ pewarna ke dalam batang rambut dalam jangka waktu yang panjang.

Namun pewarna rambut juga dapat menyebabkan reaksi alergi pada sebagian pengguna. Reaksi ini dapat terjadi beberapa bulan atau tahun setelah orang tersebut menggunakan pewarna rambut secara reguler. Reaksi alergi bisa beragam mulai dari rasa gatal, kemerahan dan kulit kepala menjadi merah, bahkan hingga ke wajah dan leher.

Pada kasus yang serius bahkan dapat menyebar ke seluruh tubuh. Orang yang alergi terhadap pewarna rambut biasanya alergi terhadap p-phenylenediamine di dalam produk tersebut.

Berikutnya adalah hal yang perlu Anda ketahui mengenai kondisi iritasi yang dapat ditimbulkan oleh cat rambut.Hidrogen peroksida dan amonia dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala. Reaksi tersebut dapat berupa gatal dan kemerahan ketika terpapar cat rambut. Hidrogen peroksida sendiri dapat mengubah struktur rambut dan membuat rambut menjadi kusam, kering dan mudah patah. Hal ini dapat terjadi karena peroksida merusak sebagian permukaan luar rambut dan menghilangkan proteksi alaminya.

Mungkin, gejala yang Anda alami ini ada hubungannya dengan kandungan hidrogen peroksida yang mengiritasi kulit kepala ini. Sebaiknya diperiksakan segera ya ke dokter kulit Anda.

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar gatal-gatal pada rambut Anda. Semoga bermanfaat.Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar