Sukses

Pemeriksaan Kehamilan

20 Jun 2018, 14:59 WIB
Wanita, 29 tahun.

Malam dok.. sy mau nanya. Usia kandungan sy 34 minggu. Sesuai dg hasil pemeriksaan, tinggi fundus 33 cm, bb debay 3,255. Tinggi fundus saya dan bb debay apa tdk melebihi? Sedangkan bb saya sangat kurang dan LILA sy pun 21, msh sangat kurang dari ukuran normal. Kata bidan kemungkinan debay besar dlm kandungan atau kembar. Memang suami sy punya kembar beda jenis kelamin. Kembarannya cewek.. apa ada peluang untuk sy melahirkan anak kembar? Sy butuh jawaban dok. Trima kasih dok.

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Pemeriksaan Kehamilan.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Tinggi Fundus Uteri merupakan salah satu metode yang sering digunakan adalah menghitung usia kehamilan berdasarkan puncak rahim (fundus uteri)/Tinggi Fundus Uteri (TFU). Dokter/Bidan akan meraba puncak rahim (Fundus uteri) yang menonjol di dinding perut dan penghitungan dimulai dari tulang kemaluan. Jika jarak dari tulang kemaluan sampai puncak rahim sekitar 28 cm, ini berarti usia kehamilan sudah mencapai 28 minggu. Tinggi maksimal puncak rahim adalah 36 cm, ini menunjukkan usia kehamilan sudah mencapai 36 minggu. Perlu diketahui, ukuran maksimal adalah 36 cm dan tidak kan bertambah lagi meskipun usia kehamilan mencapai 40 minggu. Memang saat ini TFU tidak sesuai dengan usia kehamilan. Namun bukan berarti usia kehamilan Anda tidak normal, sebab dapat terjadi kesalahan dalam pengukuran TFU. 

Ukuran TFU yang lebih besar dari usia kehamilan bisa disebabkan oleh:

Salah menghitung HPHTBayi kembarHidramnion atau air ketuban berlebihan

Kami sarankan agar Anda rutin memeriksa kehamilan dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan terutama mendekati waktu persalinan.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Pemeriksaan Kehamilan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar