Sukses

Uban Dicabut Jadi Lebih Banyak

20 Jun 2018, 12:38 WIB
Wanita, 18 tahun.

Bila ada uban pada usia remaja,dan ketika uban itu di cabut,maka uban alam tambah banyak. Apakah ini mitos atau fakta?

Terima kasih telah bertanya seputar mencabut uban menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda. Rambut beruban dapat terjadi karena adanya faktor stres, karena kekurangan vitamin ataupun karena adanya faktor keturunan dimana anggota keluarga yang lain memang cenderung cepat beruban atau banyak beruban. Selain itu adanya gangguan karena kelainan metabolisme (seperti penyakit kencing manis), kelainan kekebalan tubuh, kelainan hormonal, keracunan logam berat, dan gangguan ginjal dapat meningkatkan jumlah uban di kepala.

Untuk mengatasi rambut beruban ini, cobalah untuk mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang, terutama mengandung cukup vitamin B12 seperti yang tercakup didalam produk-produk hewani yaitu dalam telur, hati, daging, unggas, dll. Apabila rambut beruban anda timbul karena masalah kekurangan vitamin B12, maka dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B12 masalah tersebut dapat dikoreksi sehingga masalah rambut beruban anda dapat teratasi. Dengan asupan vitamin B12 yang cukup produksi melanin, pigmen rambut, akan kembali normal dan rambut yang putih akan rontok yang selanjutnya akan digantikan oleh rambut yang hitam. Selain itu, hindarilah hidup penuh stres. Cobalah untuk hidup lebih santai dan teratur.

Namun, jika penyebab timbulnya uban ini adalah faktor keturunan, maka tidak dapat disembuhkan dan uban yang sudah tumbuh tidak dapat dikembalikan menjadi hitam kembali. 

Mencabut uban tidak akan membuat uban bertambah banyak, mencabut uban sebenarnya malah lebih berisiko menyebabkan kerusakan rambut bila mencabut terlalu kuat. Karena banyak faktor yang bisa menyebabkan munculnya uban, meskipun tidak dicabut uban akan tetap bisa tumbuh. Jadi tidak berhubungan dengan mencabut uban akan membuat uban lebih banyak. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar