Sukses

Batu Saluran Kemih
20 Jun 2018, 03:28 WIB
Pria, 46 tahun.

Kelurahan sakit saat buang air kecil dan setelah kontrol ke dokter ada batu endapan air urin dan penangan oprasi 2 thn yang lalu. Dan beberapa minggu dari sekarang mengalami hal seperti itu lagi. Setelah di cek ada gumpalan batu yang berbentuk kristal seperti gigi gusi. Saya mohon dengan sangat untuk mengkonfirmasi apakah harus melalui tindak oprasi lagi atau. Dengan obat herbal jika ada obat seperti apa dok. Mohohon jawaban ya dok. Sudah 1 hari ayah saya tidabisa kencing sekarang kelinik tersekat masih tutup.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Batu saluran kemih merupakan endapan atau kristal dari kalsium (paling banyak), kolesterol, atau asam urat. Batu ini paling sering terbentuk didalam ginjal atau ureter (saluran kemih yang menghubungkan antara ginjal dengan kandung kemih). Namun dapat juga terbentuk dalam kandung kemih ataupun uretra (saluran yang menghubungkan antara kandung kemih dan alat kelamin). 

Batu ginjal dapat berukuran dari sekecil pasir hingga sebesar buah anggur. Kebanyakan dari batu ginjal yang terbentuk keluar bersama dengan urin tanpa menimbulkan keluhan. Jika batu ginjal berukuran besar (lebih dari 2-3 mm), barulah dapat menimbulkan keluhan karena tersumbatnya saluran kemih.Sekitar 90 % dari batu ginjal yang berukuran 4 mm dapat keluar dengan sendirinya melalui urin. Namun, kebanyakan batu berukuran lebih dari 6 mm memerlukan intervensi. Pada beberapa kasus, batu yang berukuran kecil yang tidak menimbulkan gejala, dapat diobservasi selama 30 hari untuk melihat apakah dapat keluar dengan sendirinya sebelum diputuskan untuk dilakukan intervensi bedah. Tindakan bedah yang cepat, perlu dilakukan pada pasien yang hanya mempunyai satu ginjal, nyeri yang sangat hebat, atau adanya ginjal yang terinfeksi yang pada akhirnya dapat menyebabkan kematian.

Obat yang dapat diberikan sejenis NSAID (obat peradangan non-steroid) atau analgetik golongan narkotika untuk mengurangi nyerinya. 

Beberapa yang dapat dilakukan untuk mencegah batu ginjal adalah :

  • Minum banyak air putih sehingga produksi urin dapat me jadi 2-2,5 liter per hari
  • Diet rendah protein, nitrogen, dan garam
  • Hindari vitamin C berlebih, terutama yang berasal dari suplemen
  • Hindari mengonsumsi kalsium secara berlebihan
  • Konsumsi obat seperti thiazides, potasium sitrat, magnesium sitrat, dan allopurinol tergantung dari jenis batunya

Untuk kasus Anda, harus dikonfirmasi terlebih dulu apa penyebab rasa mengganjal ketika BAK tersebut. Apakah karena batu atau infeksi saluran kemih. Pengobatannya berbeda. Sebaiknya segera temui dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan secara langsung dan wawancara yang lebih mendalam sehingga ditemukan penyebabnya.

Demikian informasi ini kami sampaikan , semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar