Sukses

Penyumbatan Pembuluh Darah Jantung
19 Jun 2018, 23:59 WIB
Pria, 77 tahun.

Dok saya mau tanya.. Ini tetang bpk saya.. usia 77.. Difonis dokter diduga ada penyumbatan darah dijantung.. dintruksikan untuk suntik pengencer darah.. Yg saya mau tanyakan. Efek sampingnya bahaya gk dokter, untk usia bpk yg sudah 77 thn.. klu disuntik(injek) obat pengencer darah,, Atau bisa gk diganti sma konsumsi buah delima rutin tiap hari..? Trimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sayangnya, dalam dunia medis tidak dikenal 'infus untuk penyempitan pembuluh darah jantung'. Apakah maksud Anda kateterisasi jantung? Atau, Anda maksud pengobatan yang diberikan oleh selain dokter?

Penyempitan pada pembuluh darah jantung merupakan penyakit yang sering terjadi terutama dengan meningkatnya usia. Penyempitan ini seringkali disebabkan oleh plak di jantung. Plak ini akibat dari kolestrol jahat yang menumpuk di pembuluh darah, teroksidasi, dan membuat peradangan lokal. Plak ini ditutupi oleh foam cell. Yang palng penting adalah mencegah agar plak tidak bertambah besar atau banyak, dan mempertahankan foam cell itu agar tidak lepas. Oleh karena saat lepas itu bisa berjalan-jalan dan menyebabkan beberapa penyakit seperti stroke, serangan jantung, ataupun thrombosis.

Untuk mencegah agar pembuluh darah jantung tersebut tidak semakin menyumbat menurut teori paling baik adalah dengan merubah gaya hidup. Gaya hidup yang dimaksud adalah mengkonsumsi makanan yang sehat (jangan tinggi lemak dan kolesterol), mengkonsumsi anti-oksidant (vitamin C, E dan Beta Karoten), olahraga sedang (paling tidak 15-20 menit setiap harinya), cukup istirahat, menghindari rokok dan alkohol, banyak konsumsi air putih serta menghindari stres.

Untuk terapi penyumbatan darah tergantung dari dokter jantung yang melakukan terapi serta keluhan teman Anda, sebab derajat penyumbatan yang berbeda akan ditangani dengan cara yang berbeda pula. Misalnya bila masih ringan, kemungkinan hanya akan diberikan obat penurun kolesterol dan obat pengencer darah. Bila lebih berat, mungkin pula dilakukan kateterisasi hingga bypass pembuluh darah jantung. Sejauh ini tidak ada bukti bahwa buah atau suplemen herbal dapat menggantikan terapi tersebut. 

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar