Sukses

Anak Saya Kurang Gizi?
18 Jun 2018, 23:54 WIB
Pria, 38 tahun.

Malam dokter, Saya mau nanya soal tumbuh kembang anak, Anak saya usia 4 tahun bb 11kg tb 93cm sepertinya terindikasi stunting. Apa yg harus saya lakukan dok untuk mengejar ketertinggalan pertumbuhan nya Terima kasih

Terima kasih telah bertanya tentang Anak Kurang Gizi melalui fitur Tanya Dokter

Mohon maaf atas keterlambatan kami menjawab pertanyaan Anda. Penyebab anak kurang gizi atau berat badannya sulit naik bisa disebabkan oleh anemia (kurang darah), gangguan tiroid, atau adanya infeksi kronis.

Infeksi kronis yang paling sering menyebabkan anak balita kurang gizi atau mengalami gizi buruk ialah infeksi tuberkulosis. Gejala tuberkulosis pada anak lebih sulit dikenali karena gejalanya kurang jelas. Yang paling sering ditemukan ialah berat badan yang sulit naik atau cenderung kurang untuk seusianya. Atau berat badan sulit naik meski sudah dilakukan upaya peningkatan berat badan.

Gejala-gejala lain yang dapat terjadi pada anak dengan TB adalah batuk, sesak nafas, demam tanpa sebab yang jelas, pembesaran kelenjar getah bening pada leher, ketiak, dan selangkangan, serta pembengkakan tulang atau sendi pada panggul, lutut, dan jari.

Apakah anak Anda mengalami gejala-gejala tersebut?

Anak yang mengalami gizi kurang dan buruk rentan mengalami berbagai penyakit terutama infeksi saluran nafas dan pencernaan (diare). Kondisi infeksi akan membuat gizinya semakin buruk karena anak cenderung tidak mau makan dan tidurnya terganggu. Untuk mencegah kondisi ini, gizi buruknya harus ditangani. 

Penanganan anak gizi buruk harus oleh tenaga terlatih, seperti dokter anak atau dokter umum terlatih yang mengerti tahapan pemberian gizi pada anak gizi buruk. Terdapat formula makanan yang khusus bagi anak gizi buruk.

Kami sarankan agar Anda membawa si kecil kepada dokter anak yang terlatih menangani anak gizi buruk (konsultan nutrisi anak).

Demikan penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Anak Kurang Gizi. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar