Sukses

Kehamilan Kembar - #248592
19 Jun 2018, 00:10 WIB
Wanita, 29 tahun.

Malam dok.. sy mau nanya. Sy sekarang lagi hamil anak kedua. Usia kandungan sy 34 minggu. Sesuai dg hasil pemeriksaan, tinggi fundus 33 cm, bb debay 3,255. Tinggi fundus saya dan bb debay apa tdk melebihi? Sangat bingung krna sangat berbeda dg kehamilan pertama sy. Wktu hamil pertama usia kandungan 38 minggu tinggi fundus 30 cm n bb debay 3 kilo. bb saya sangat kurang dan LILA sy pun 21, msh sangat kurang dari ukuran normal. Kata bidan kemungkinan debay besar dlm kandungan atau kembar. Memang suami sy punya kembar beda jenis kelamin. Kembarannya cewek.. apa ada peluang untuk sy melahirkan anak kembar? Sy butuh jawaban dok. Trima kasih dok.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kembar fraternal atau kembar dizigotik adalah kembar non identik dimana dua sperma membuahi dua sel telur yang terpisah. Pada kembar fraternal akan menghasilkan dua bayi dengan jenis kelamin sama/berbeda dan wajah yang berbeda. Sedangkan kembar monozigotik (kembar identik) berasal dari satu sel telur dan menghasilkan bayi kembar dengan jenis kelamin sama dan memiliki tingkat kemiripan sangat tinggi.

Umumnya kantung kehamilan sudah dapat dideteksi pada usia kehamilan 4 minggu. Sedangkan janin dan denyut jantung janin dapat diketahui saat usia kehamilan 6 minggu dengan bantuan USG doppler dan lebih jelas pada usia kehamilan 7 minggu. Seharusnya sekitar usia 12 minggu, Anda sudah dapat mengetahui apakah bayi Anda kembar atau tidak. Meskipun begitu, kehamilan kembar dapat saja terdeteksi pada usia kehamilan yang lebih muda. Hal ini bergantung pada alat dan operator karena USG berisifat operator dependent.

Berikut kami lampirkan artikel mengenai pemeriksaan USG:

USG Ketika Kehamilan? Kenapa Penting Sih?

USG Akurat Deteksi Kelainan Janin

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar