Sukses

Mengatasi Kepala Pusing, Mual dan Tensi Tinggi

17 Jun 2018, 23:44 WIB
Wanita, 37 tahun.

dok saya mau tanya tiba tiba kepala pusing lalu muntah muntah sebelumnya says punya darah tingi gimana cara pensnganan pertama nya

Terima kasih telah bertanya tentang Mengatasi Kepala Pusing, Mual dan Tensi Tinggi melalui fitur Tanya Dokter

Mohon maaf atas keterlambatan kami menjawab pertanyaan Anda.

Besar kemungkinan keluhan Anda disebabkan oleh vertigo. Vertigo didefinisikan sebagai rasa pusing berputar, sehingga sekeliling kita atau diri kita rasa berputar. Vertigo sendiri dapat dibedakan menjadi dua:

Vertigo sentral: gangguan pada saraf otakVertigo perifer: gangguan pada kanalis semisirkularis telinga, penyebab paling sering dari vertigoPada vertigo perifer, pencegahan yang terbaik adalah dengan mengatasi masalah pada organ keseimbangan tersebut, hal ini dapat dilakukan oleh dokter ahli telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) atau oleh dokter spesialis syaraf. Dokter akan melakukan manuver-manuver yang berhubungan dengan posisi tubuh Anda (Hallpike maneuver) sehingga dapat mengurangi atau menyembuhkan vertigo. Bila sudah terlanjur terkena vertigo, pengobatan sederhana yang dapat menolong Anda adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan, memejamkan mata, dan menjaga agar posisi kepala tidak bergerak.

Sudahkah Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis THT atau syaraf? Kami menyarankan Anda berobat ke dokter untuk menentukan jenis vertigo pada Anda: vertigo perifer atau sentral. Vertigo sentral melibatkan saraf otak oleh karena itu harus segera ditangani. Kami tidak dapat meresepkan obat karena perlu dipastikan terlebih dahulu apakah Anda memang vertigo atau bukan, jika iya perlu dipastikan juga jenis vertigonya.

Sedangkan untuk hipertensi, berikut Peningkatan tekanan darah dapat dikontrol dengan perubahan gaya hidup.

Modifikasi gaya hidup.Gizi seimbang dan pembatasan gula, garam dan , Diet kaya buah, sayuran, produk rendah lemak denganjumlah lemak total dan lemak jenuh yang rendah (Dietary Approaches To Stop Hypertension).Mempertahankan berat badan dan lingkar pinggang ideal.Gaya hidup aktif/olah raga teraturStop merokok.Membatasi konsumsi alkohol (bagi yang minum).Obat-obatan inisial.

Jika Hipertensi Anda tidak dapat diatasi dengan modifikasi gaya hidup diatas, maka perlu diberikan obat-obat golongan anti-hipertensi. Diperlukan komitmen dan disiplin terapi dalam menggunakan obat ini, dimana obat diminum harus setiap hari sesuai dengan dosis yang dianjurkan, walaupun penderita tidak merasakan adanya keluhan. Jika cara diatas tekanan darah tinggi tidak juga dapat dikontrol (resistensi hipertensi), maka sebaiknya Anda memeriksakan diri kepada dokter spesialis Penyakit dalam. 

Demikan penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Mengatasi Kepala Pusing, Mual dan Tensi Tinggi. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar