Sukses

Solusi Memperbaiki Gigi Geraham Berlubang Dan Rapuh
17 Jun 2018, 17:25 WIB
Pria, 14 tahun.

Dok, apakah jika gigi berlubang harus ke dokter gigi? Apa tidak ada cara lain untuk memperbaikinya Dok? Kalau ke dokter gigi saya belum berani Dok, dalam arti malu dan takut bilang ke orang tua saya :'( Tapi saya juga takut kalau terus dibiarin, soalnya makan pun juga susah karena gigi geraham bawah dua-dua berlubang. Kalau dulu waktu kumur-kumur gigi geraham kiri saya ngilu, tapi sekarang sudah mendingan nggak tau kenapa. Kalau yang kana seperti biasa Dok. Kalau kena makanan juga yang gigi geraham kanan saya sakit sekali Dok, kalau yang kiri tidak terlalu sakit. Tapi waktu kondisi gigi saya yang dulu gigi geraham kanan yang dipakai untuk makan, yang kiri sakit. Sekarang kebalikannya. Sebelum keadaan saya seperti sekarang ini pun saya sempat sakit gigi berkepanjangan kurang lebih 1 minggu Dok, sakiiit banget. Alhamdulillah sekarang udah nggak, tapi saya tetap tidak nyaman Dok. Saya rasa pun gigi geraham kiri bagian dalam dan gigi geraham kanan bagian luar saya rapuh, karena yang kiri sudah patah Dok, tapi yang kanan belum. Saya takut Dok, tolong solusinya ya Dok. Terima kasih. (berat badan, tinggi badan, dan golongan darah saya sebenarnya gak tau Dok, tapi saya main feeling aja, maaf ya.)

Terimakasih telah bertanya mengenai solusi memperbaiki gigi geraham berlubang dan rapuh melalui fitur Tanya Dokter dan mohon maaf atas keterlambatan dalam penjawaban.

Untuk mengatasi gigi geraham berlubang memang harus melakukan perawatan ke dokter gigi. Sampai saat ini belum ada cara lain. Semakin lama gigi berlubang dibiarkan maka perawatan yang harus dilakukan akan semakin kompleks. Gigi geraham yang tadinya sakit dan sekarang sudah tidak sakit lagi, jangan anda anggap bahwa penyakit sudah sembuh. Yang terjadi adalah gigi tersebut menjadi mati untuk sementara, dimana sewaktu-waktu bisa kambuh lagi menjadi infeksi yang lebih parah. 

Gigi rusak yang tidak juga dirawat bisa menyebabkan memicu penyakit sistemik seperti penyakit jantung dan diabetes. Selain itu gigi yang rusak memang bisa berdampak pada psikis dan membuat kepercayaan diri seseorang berkurang.

Dalam menangani gigi yang rusak memang dibutuhkan kesadaran, niat, semangat, usaha yang keras dan konsisten. Kerusakan gigi bila tidak langsung dirawat sampai tuntas, akan mengakibatkan kerusakan lanjutan yang parah. Kami sarankan untuk membuat perubahan kebiasaan anda dalam merawat gigi.

Solusi untuk mengatasinya, kami menganjurkan agar Anda berkomitmen dalam menyelesaikan masalah gigi anda satu persatu hingga tuntas, tidak putus di tengah jalan. Pertama-tama lakukan pembersihan karang gigi, karena gusi berdarah dapat disembuhkan dengan pembersihan karang gigi. Lalu bila ada sisa akar gigi harus dicabut. Jika ada gigi berlubang harus ditambal. Dengan ini keadaan gigi anda lama-lama akan mengalami perbaikan. Untuk area gigi yang ompong/dicabut, ganti dengan gigi palsu supaya mengembalikan fungsi kunyah yang normal. Namun mencabut semua gigi lalu menggantinya dengan gigi aplsu bukan suatu cara yang terbaik, karena seburuk-buruknya gigi asli masih lebih nyaman dibandingkan pemakaian gigi palsu. Oleh karena itu kami sarankan untuk merawat gigi-gigi yang masih dapat diselamatkan.

Periksakan ke dokter gigi untuk mendapatkan diagnosa serta rencana perawatan yang tepat. Memang jika sudah memiliki banyak masalah gigi, biaya akan semakin mahal. Oleh karena itu, periksakan gigi secara rutin 6 bulan sekali, bila tidak ada keluhan. Dengan cara ini maka perawatan akan dapat dilakukan pada tahap awal, belum terjadi kerusakan parah, sehingga biaya perawatan gigi menjadi lebih terjangkau.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai solusi memperbaiki gigi geraham berlubang dan rapuh, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar