Sukses

Kapan Diare Harus Dirawat Inap
16 Jun 2018, 21:56 WIB
Wanita, 22 tahun.

Apa yang menyebabkan pasien diare harus di rawat inap

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Bagaimana dengan diare Anda? Apakah air atau ada ampas? Lebih banyak air atau ampas? Adakah darah? Lendir? Berapa kali dalam sehari Anda mengalami diare? Bagaimana dengan kondisi umum Anda? Apakah merasa lemas? Dapatkah Anda beraktivitas?

Diare adalah peningkatan jumlah ( tiga kali atau lebih) atau penurunan konsistensi dari tinja (menjadi lunak atau cair) dalam waktu 24 jam. Diare dapat dibagi menjadi akut (kurang dari 14 hari) dan persisten (lebih dari 14 hari) dan kronik (lebih dari 1 bulan).

Gejala dan tandanya meliputi: Konsistensi  feses menurun (cair) dengan/ tanpa darah, suhu badan mungkin meningkat (demam), nyeri perut, sakit kepala, nafsu makan tidak ada/ berkurang, lemah, mual, muntah, mialgia (nyeri otot), gelisah.

Konsistensi tinja yang cair yang menjadi karakteristik diare biasanya akan hilang dalam beberapa hari. Diare kronik dapat menjadi tanda adanya kelainan yang lebih serius, seperti adanya infflamatory bowel disease. Diare dapat menyebabkan kehilangan cairan dan elektrolit yang cukup signifikan. Kebanyakan diare akan sembuh sendiri tanpa pengobatan. Penting juga diperhatikan sudah berapa lama atau sudah berapa hari Anda mengalami diare ini. Apabila lebih dari 3 hari atau bahkan hingga seminggu, kemungkinan besar ada penyebab yang membutuhkan penanganan lebih serius seperti infeksi bakteri.

Diare pada orang lanjut usia dan anak-anak memang sangat rentan menyebabkan dehidrasi, maka dari itu perlu diperhatikan asupan cairannya. Jika diare berat dan terdapat tanda dehidrasi seperti lemas, mengantuk, mata tampak cekung, tidak dapat makan/minum, tensi rendah dan nadi cepat diperlukan penanganan khusus dengan resusitasi cairan dan rawat inap untuk mencegah terjadinya syok. Kami sarankan Anda untuk melakukan konsultasi dengan dokter agar dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang memadai, sehingga mendapatkan penanganan yang sesuai.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar