Sukses

Mengatasi Perut Begah

16 Jun 2018, 21:00 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dok, saya perut saya sering sekali terasa penuh dan begah, bahkan waktu cuaca panas dok, apakah itu juga masuk angin? Padahal waktu itu udaranya tidak dingin, bagaimana dok? Mohon jawabannya dok Terima kasih

Terimakasih telah bertanya mengenai perut begah melalui fitur Tanya Dokter

Perlu diketahui bahwa begitu banyak penyebab yang dapat menimbulkan keluhan rasa begah atau rasa tidak nyaman di daerah ulu hati. Pada umumnya keluhan ini berkaitan dengan organ lambung, namun keluhan pada ulu hati juga bisa disebabkan oleh gangguan pada organ lain seperti jantung, usus, hati dan saluran bilier. Seorang dengan keluhan lambung akan mengeluh perasaan nyeri ulu hati setelah makan, adanya panas pada ulu hati dan perut begah. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda merasakan karakteristik gejala seperti yang disebutkan tersebut?

Berikut adalah saran yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari apabila  Anda memiliki gangguan pada lambung:

  • Hindari rokok dan asap rokok
  • Hindari stress
  • Olahraga selama 30 menit dengan frekuensi minimal 3 kali seminggu
  • Tidur cukup dengan durasi minimal 8 jam per hari
  • Makan sedikit tapi sering. Frekuensi makan dapat ditingkatkan hingga 6 kali sehari, dengan pembagian 3 kali makan besar, 3 kali makan kecil (snack)
  • Jangan konsumsi apapun dalam durasi 4 jam sebelum tidur
  • Jangan berbaring setelah makanHindari alkohol, kopi, cokelat, tomat, bawang, makanan berlemak, atau pedas
  • Jangan kenakan pakaian ketat, terutama yang menekan bagian perut
  • Hindari konsumsi obat-obatan golongan nitrat, antikolinergik, antidepresantrisiklik dan NSAID tanpa petunjuk Dokter.

Selain rasa tidak nyaman di ulu hati, peningkatan asam lambung memang dapat juga menimbulkan gejala nyeri dada atau perasaan sesak, hal ini biasanya disebabkan oleh GERD atau Gastro-esophageal reflux disease (refluks asam lambung ke kerongkongan). Faktor-faktor risiko yang mengakibatkan GERD termasuk kehamilan, obesitas, diet lemak tinggi, obat-obatan tertentu, stres, konsumsi tembakau atau alkohol dan sebagainya.

Namun karena kurangnya data dan keterbatasan kami untuk melakukan pemeriksaan fisik, kami sarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk memastikan penyebab timbulnya keluhan Anda serta mendapat penanganan yang optimal. Karena untuk menegakkan suatu diagnosa diperlukan pemeriksaan langsung yang menyeluruh dari wawancara medis yang mendetail, pemeriksaan fisik lansung dan juga pemeriksaan penunjang yang mungkin diperlukan.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai perut begah. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar