Sukses

Amankah Alat Perapih Gigi Yang Dijual Online ?
14 Jun 2018, 22:14 WIB
Wanita, 22 tahun.

Selamat Pagi. Saya Diah Rahmawati. Saya ingin bertanya mengenai alat perapih gigi yang dijual di online shop. Apakah alat perapih gigi yang ada di online shop itu aman digunakan? Apakah semua orang dapat menggunakannya? Adakah cara lain agar gigi bisa rapih? Apabila memeriksakannya ke dokter gigi perlu dilakukan perawatan gigi apa saja sebelum dirapihkan giginya? Terima kasih.

Terimakasih telah bertanya seputar amankah alat perapih gigi yang dijual online ? melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan keterangan anda, dugaan kami yang anda maksud alat perapih gigi adalah Teeth Trainer. Teeth trainer sebenarnya digunakan untuk merapihkan gigi anak-anak saat periode gigi bercampur karena pada anak-anak sering terjadi kelainan pada gigitannya. Menurut penelitian penyebab gigi berjejal (crowding) adalah kebiasaan bernafas lewat mulut, menjulurkan lidah, kelainan dalam penelanan, menghisap ibu jari dan kebiasaan buruk lainnya. Kebiasaan ini menghambat pertumbuhan wajah dan menimbulkan masalah gigi.

Teeth trainer ini dapat meratakan susunan gigi dan rahang dengan tekanan ringan dengan cara memperbaiki posisi lidah, memperbaiki kebiasaan penelanan, menghalangi bernafas lewat mulut, memperbaiki perkembangan wajah. Teeth trainer harus dipakai 1 jam pada siang hari dan semalaman selama tidur. Namun pada prakteknya trainer yang dibuat dipabrik tidak sesuai dengan ukuran mulut anak-anak. Sehingga pada beberapa sisi yang terlalu lebar sebaiknya dipotong dan disesuaikan dengan ukuran mulut anak. 

Pada kasus susunan gigi tidak rapi untuk gigi dewasa, logikanya gigi sudah tumbuh sempurna tidak akan bisa digerakkan hanya dengan material berbahan silikon. Kami sarankan jika ingin memperbaiki susunan gigi yang tidak rapi, agar menggunakan perawatan kawat gigi dan berkonsultasi dahulu dengan dokter gigi yang berkompeten dibidang tersebut. 

Sebelum melakukan perawatan kawat gigi biasanya seluruh gigi diperiksa. Bila ada karang gigi harus dilakuka tindakan scaling, gigi yang berlubang maka ditambal dahulu dan bila ada sisa akar gigi dicabut terlebih dahulu.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai amankah alat perapih gigi yang dijual online? , semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar