Sukses

Bentol di Kulit Anak Akibat Alergi
13 Jun 2018, 19:44 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dok anak ku berusia 4 blan skrang tumbuh bentol2 dikulit sdah pernah ku bwa ke dokter dan dokternya bilang kalau anak ku alergi cuaca dok.. Mnum obat smnggu bentol2 nya hilang tpi 2 hri ini bentol2 nya dtang lagi dok.. Solusi yg baik bgaimana ya dok Tolong di bantu dok Terimakasih

Terima kasih telah bertanya seputar bentol di kulit anak akibat alergi menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah yang anda maksud anak anda alergi dingin? atau alergi panas? apakah bentol juga muncul bila lingkungan berdebu? apakah muncul jika mengonsumsi makanan tertentu? 

Jika memang benar keluhan di kulit anak anda disebabkan oleh alergi maka hal terbaik yang dapat dilakukan untuk mengurangi gejala ialah dengan menghindari paparan penyebab alergi. Penyakit alergi memang tidak dapat sembuh namun dapat dikontrol agar tidak muncul.

1. Jika anak Anda alergi dingin, usahakan untuk tidur di ruangan yang terlalu dingin atau atur suhu AC di kamar agar tidak terlalu dingin. Gunakan baju lengan panjang ketika tidur untuk menghindari anak kedinginan (jika alergi dingin)

2. Cuci seprai dan sarung bantal dan guling setiap satu minggu sekali menggunakan air panas untuk menghilangkan tungau debu. Tungau debu rumah merupakan salah satu penyebab tersering alergi pada anak. Tungau ini angat kecil sehingga tidak terlihat secara kasat mata. Banyak terdapat di kasur, sofa, karpet, bantal, guling, gonden dan lain sebagainya.

3. Hindari menggunakan karpet di dalam kamar tidur

4. Usahakan untuk selalu membersihkan karpet dan gorden setidaknya setiap 2 minggu sekali.

5. Perhatikan makanan anak. Apakah ada jenis makanan tertentu yang mencetuskan bentol?

 

Selain itu, anak Anda juga dapat mengonsumsi obat anti alergi , namun sebaiknya konsultasi kembali dengan dokter yang menanganinya mengenai obat tersebut agar tidak terjadi kesalahan peresepan obat. Pengobatan yang paling ideal tentu saja mengobati penyebab atau bila mungkin menghindari penyebab yang dicurigai. Bila tidak mungkin paling tidak mencoba mengurangi penyebab tersebut, sedikit-dikitnya tidak menggunakan dan tidak berkontak dengan penyebabnya. Gejala dapat diobati dengan efektif. Beberapa obat yang dapat dipergunakan antara lain adalah antihistamin oral. Obat ini dapat mengontrol gejala bagi sebagian besar orang, namun tidak menghilangkan penyebabnya.

Jika alergi berulang, dapat juga dilakukan tes uji cukit kulit atau tes darah untuk mengecek penyebab alergi anak. Kami sarankan Anda berkonsultasi kembali ke dokter spesialis kulit atau dokter spesialis anak untuk penanganan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar