Sukses

Pertanyaan Seputar Sulit BAB pada Anak
12 Jun 2018, 13:53 WIB
Pria, 40 tahun.

Selamat siang dok. Dok sy punya anak perempuan usia 18 bulan. Sudah 2 minggu susah BAB. Kalo BAB bisa keluar cenderung keras dan bentuknya bulat agak besar. Bagaimana cara mengatasinya dan cara agar tidaj terus berulang?? Terimakasih

Terima kasih telah bertanya mengenai sulit BAB pada anak menggunakan fitur Tanya Dokter.

Sembelit/konstipasi adalah ketidakmampuan mengeluarkan tinja secara sempurna yang terlihat dari berkurangnya frekuensi BAB dari biasanya, tinja lebih keras, lebih besar, dan nyeri saat BAB. Perut dapat teraba keras akibat penumpukan massa tinja. Anak dianggap mengalami sembelit apabila sulit BAB lebih dari 2 minggu.

BAB pada anak memang bergantung pada asupan makanan yang diberikan. Jika memang asupannya sedikit maka BABnya juga menjadi jarang dan jika telah mengkonsumsi susu formula maka akan mempengaruhi frekuensi BAB anak. Susu formula lebih sulit untuk dicerna karena umumnya gerakan usus pada anak menjadi lebih lambat. Akibatnya BAB lebih jarang, tinjanya lebih padat dan keras.

Anda dapat menyiasati kesulitan BAB ini dengan memberikan susu formula yang lebih encer (tidak terlalu kental) agar lebih mudah dicerna (jika tidak ingin dicampur dengan produk sebelumnya). Pastikan pula anak Anda tidak kurang minum air putih. Jika ia sudah terbiasa dengan susu formula jenis baru ini, dapat ditambah kekentalannya dengan melihat pola BAB pada anak.

Buah-buahan yang bersifat melembutkan BAB seperti pepaya, pir dan alpukat juga bisa diberikan agar tidak terjadi sembelit.

Selain itu, kami juga menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter secara langsung bila keluhan menetap, guna dilakukan wawancara medis yang mendetail dan pemeriksaan fisis secara langsung untuk menentukan penyebab dan penanganan yang paling tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai sulit BAB pada anak, semoga bermanfaat. Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar