Sukses

Penyebab Bronkiektasis
12 Jun 2018, 12:58 WIB
Wanita, 20 tahun.

Halo dok, saya ingin bertanya. Apakah penyakit bronkiektasis dapat menular? Jika iya melalui apa proses penularannya?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya menggunakan layanan Tanya Dokter 

Bronkiektasis merupakan kondisi jangka panjang di mana jalan napas pada paru-paru menjadi lebih lebar secara abnormal. Kondisi ini menyebabkan penumpukan lendir berlebih dan membuat paru-paru menjadi lebih rentan terhadap infeksi.

Bronkiektasis dapat terjadi apabila jaringan dan otot yang mengelilingi bronkus (saluran napas menuju paru-paru) mengalami kerusakan. Kerusakan ini dapat dipicu karena berbagai penyakit seperti fibrosis, infeksi paru, pneumonia, tuberkulosis, dan penyakit autoimun seperti AIDS.

PenyebabBronkiektasis disebabkan oleh kerusakan dan pelebaran pada jalan napas di paru-paru. Hal ini dapat terjadi akibat dari infeksi atau kondisi lainnya. Namun terkadang penyebabnya tidak diketahui.

Paru-paru secara terus-menerus terekspos oleh kuman yang ada di udara dan tubuh pada dasarnya memiliki sistem daya tahan yang berfungsi untuk menjaga  agar paru-paru bebas dari infeksi. Bila kuman atau benda asing menyerang tubuh, sel daya tahan tubuh akan mengeluarkan bahan kimia untuk membantu melawan infeksi, yang dapat menyebabkan terjadinya peradangan pada jaringan di sekitar.

Pada sebagian besar orang, proses peradangan dapat berlangsung dan selesai tanpa menyebabkan komplikasi bila ditangani dengan baik. Namun, bronkiektasis dapat terjadi apabila peradangan menyebabkan kerusakan permanen dari jaringan elastis dan otot di sekitar bronkus, yang menyebabkan terjadinya pelebaran.

Kondisi tersebut mengakibatkan bronkus yang mengalami kerusakan terisi oleh lendir yang berlebih, menyebabkan batuk yang menetap, dan membuat paru-paru lebih rentan terhadap infeksi. Bila paru-paru mengalami infeksi berulang, hal ini dapat menyebabkan peradangan yang berulang dan bronkus akan menjadi lebih lebar.

Pada sekitar separuh dari kasus bronkiektasis, tidak ada penyebab jelas yang dapat ditemukan. Namun, sebagian pencetus umum yang teridentifikasi dapat berupa infeksi pada masa kanak-kanak. Beberapa di antaranya adalah pneumonia berat, batuk rejan, tuberkulosis, atau campak, penurunan kemampuan sistem daya tahan tubuh, kelainan pada silia (struktur berbentuk rambut yang melapisi jalan napas), aspirasi (masuknya benda padat atau cair ke saluran pernapasan), atau berbagai kondisi kesehatan lainnya.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar