Sukses

Anak Sulit Minum Obat

11 Jun 2018, 00:50 WIB
Wanita, 35 tahun.

Malam dok. Anak sy umur 2 tahun. Kalau sakit tidak bisa minum obat sama sekali. Bila d paksa dia akan muntah dan setelah itu mogok makan. Jadi setiap kali dia demam hanya di balur dengan bawang merah. Pertanyaan saya apakah ada obat jenis injeksi yg aman untuk anak usia 2 tahun. Mohon penjelasannya. Terimakasih

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Obat-obatan injeksi tidak dijual secara bebas. Risikonya pun lebih besar ketimbang obat minum, meski hanya obat demam.

Oleh sebab itu, kami tetap anjurkan si kecil menggunakan obat minum biasa seperti parasetamol atau ibuprofen untuk menurunkan demam.

Selain itu, kompres pula tubuhnya dengan handuk yang dibasahi air hangat agar demam cepat turun. Pastikan pula si kecil cukup minum selama demam.

Umumnya, anak kecil susah minum obat karena rasanya yang pahit, susah menelan, dan sebagainya. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan bila ingin memberikan obat kepada anak Anda.

  • Anak-anak tidak suka dipaksa, apalagi untuk memasukkan benda yang tidak disukai dalam mulutnya. Jangan terlalu memaksa saat memberikan obat, biarkan dia tetap merasa memiliki kontrol saat minum obat.

  • Jangan terburu-buru, berikan waktu agar anak Anda merasa nyaman dan tidak merasa didesak.

  • Sediakan minuman yang manis sebagai penawar rasa pahit, seperti teh atau sirup.

  • Dapat juga dengan mencampurkan obat dengan makanan atau minuman yang manis, seperti sirup atau gula. Jangan lupa untuk mencari tahu apakah obat tersebut boleh dicampur dalam makanan atau minuman.

  • Berikan di dalam makanan favoritnya, seperti kue atau puding. Kembali perhatikan apakah obat dapat dicampur dengan makanan tersebut.

  • Jelaskan alasan mengapa ia harus meminum obat tersebut. Meski belum mengerti, anak Anda perlu diberi penjelasan sehingga ia tidak merasa terabaikan.

  • Beri pujian atau reward jika ia berhasil minum obat. Kalau perlu beri anak Anda hadiah sebagai penghargaan atas usahanya itu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar