Sukses

Agar Siklus Haid Lancar Kembali

11 Jun 2018, 00:22 WIB
Wanita, 26 tahun.

Saya memiliki siklus menstruasi yg tdk teratur, bahkan bisa sampai 3 bln tdk mengalami menstruasi. Sya sdh periksakan diri ke dokter spog dan sya diagnosa olyghomenhorrea. Bagaimana terapi dn cara mengaturnya agar bisa lancar siklus mentruasinya??

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Haid yang normal adalah siklus haid 21-35 hari dengan durasi 5-7 hari, dengan jumlah perdarahan 80 cc. Haid yang tidak normal atau tidak teratur dapat disebabkan karena kelainan hormonal, gangguan pada struktur rahim (misal terdapat miom atau polip rahim), faktor stres, dan lainnya.

Penyebab oligomenorrhea harus dicari, misalnya adanya ketidakseimbangan hormon yang disebabkan oleh sindroma ovarium polikistik, adanya gangguan kelenjar tiroid, dan lainnya.

Langkah yang Anda lakukan sudah tepat dengan memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan. Sebaiknya Anda kontrol rutin sehingga dapat diperiksa lebih lanjut, dan komunikasikan selalu keluhan Anda dengan dokter Anda.

Terkait gaya hidup, berikut adalah 2 cara mudah agar haid Anda lebih teratur:

  • Cari waktu untuk rileks setelah bekerja. Dapat berupa mandi air hangat, membaca, yoga, atau aktivitas apapun yang Anda senangi dan membuat Anda merasa rileks.
  • Usahakan konsumsi beragam jenis makanan sehat, yang berasal dari buah, sayur, karbohidrat dan lemak sehat, serta protein yang cukup. Suplemen multivitamin juga diperbolehkan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar