Sukses

Seputar Granuloma pada Ketiak

10 Jun 2018, 23:44 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok, diketiak saya ada benjolan. ketika saya periksa di diagnosa soft issue tumor axilla. bulan november tahun lalu sudah dioperasi, tapi kemudian pada bulan januari benjolannya muncul lagi dan akhirnya saya melalukan operasi lagi yg kedua kalinya. namun skrg benjolannya tetap muncul lagi meskipun sudah 2x dioperasi. kata dokter yg saya periksa, itu granuloma dokter. tapi dokter tsb tidak mengetahui apa penyebabnya benjolan tsb tumbuh terus-menerus. kalau boleh tau granuloma itu disebabkan apa ya dokter? danbuntuk selanjutnya, saya seharusnya periksa ke dokter spesialis apa ? terima kasih

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Granuloma merupakan proses yang terbentuk akibat adanya kumpulan sel darah putih, makrofag, yang berkumpul membentuk jaringan. Hal ini sebagai upaya menghilangkan sebuah penyebab penyakit, namun tidak berhasil. Sangat banyak penyakit yang mempunyai ciri terbentuknya granuloma, seperti tuberkulosis, histoplasmosis, atau sarkoidosis.

Jadi, untuk betul-betul mengatasinya, maka perlu diobati penyebab mendasarnya. Tersering yakni tuberkulosis. Untuk hal ini, sebaiknya Anda berobat ke dokter penyakit dalam terlebih dulu, ada baiknya dengan konsultan hematologi-onkologi medik (SpPD-KHOM).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar