Sukses

Nafas Grok-Grok Pada Bayi
10 Jun 2018, 23:29 WIB
Pria, 1 tahun.

Bayi saya umur 2 minggu dok. Kalo tidur sering bunyi grok grok. Kadang juga batuk. Apa itu berbahaya dok?

Terimakasih telah bertanya tentang nafas grok pada bayi melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Bunyi "grok" yang berasal dari saluran nafas bayi dapat menunjukkan adanya cairan atau lendir pada paru-pari bayi. Paru-paru memang juga menghasilkan lendir. Bunyi muncul karena produksi lendir meningkat padahal belum bisa mengeluarkannya sendiri, karena refleks batuknya belum bekerja dengan baik.Produksi lendir meningkat pada umumnya dialami oleh bayi yang memiliki bakat alergi dimana produksi meningkat karena terpapar oleh alergen. Hidung tersumbat bisa menjadi salah satu gejala dari alergi ini.

Penyebab lain adalah infeksi virus pada bayi. Namun umumnya kalau ada infeksi biasanya disertai demam dan bayi lebih tidak mau menyusu.

Bila bayi mengkonsumsi susu formula, ada kemungkinan bunyi "grok" tersebut merupakan reaksi dari alergi susu formula yang mengandung protein sapi. Bunyi ini tidak ada hubungannya dengan sisa air ketuban saat hamil.

Sebaiknya, periksakan bayi Anda kepada dokter anak agar diketahui penyebab sesungguhnya. Tentunya kalau nafasnya terganggu, bayi juga lebih tidak mau menyusu. Ini akan membuat BB-nya sulit naik nantinya. Sementara ini, bisa teteskan larutan garam (nasal drops) di kedua lubang hidung bayi Anda agar lendir mudah keluar dan bayi dapat bernafas lebih lega.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar nafas grok. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar