Sukses

Menghilangkan Jamur Pada Kulit- #247887

10 Jun 2018, 22:35 WIB
Wanita, 18 tahun.

Assalamualaikum dok, saya ingin bertanya apakah lidah buaya itu bisa menghilangkan jamur yg ada di kulit? Dan gimana solusi memakai yg baik dgn mnggunakan lidah buaya Soalnya dok jamur yg ada di kulit saya inii bnyak menyebar dimnamna. Trimkasi dok, wassalamu'alaikum.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. 

Infeksi jamur di kulit dapat diobati dengan pemberian krim anti jamur dan meminum obat anti jamur. Pengobatan ini seringkali membutuhkan waktu yang lama. Setelah infeksi reda, memang biasanya akan timbul bekas kehitaman pada area tersebut. Dokter dapat memberikan krim yang berfungsi untuk memudarkan bekas warna kehitaman tersebut.

Anda dapat melakukan beberapa hal berikut guna mencegah terjadinya infeksi jamur secara umum. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan adalah:

Upayakan untuk menghilangkan faktor pencetus infeksi, misalnya untuk tinea pedis dengan keluhan jamur pada jari kaki, untuk menyembuhkan dan menghindari terulangnya infeksi, maka sebaiknya Anda menjaga kondisi kaki agar tetap kering dan menghindari hal-hal yang membuat kaki menjadi lembap. Dan perlu Anda ingat, faktor pencetus setiap infeksi jamur sangat bervariasi. Apabila Anda tidak mengetahui faktor pencetus infeksi jamur yang terjadi pada diri Anda, diskusikan faktor pencetus ini dengan dokter Anda.Tingkatkan imunitas tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang.Usahakan untuk tidak bertukar barang pribadi, seperti pakaian, pakaian dalam, dan handuk.Jaga kebersihan diri secara keseluruhan dengan baik, misalnya mandi minimal 2  kali sehari dengan sabun.Keampuhan lidah buaya yang bermanfaat bagi kulit memang sudah kerap kali terbukti dengan kandungannya yang kaya akan mineral (zat besi, magnesium, selenium), enzim dan vitamin (B2, B6, E dan C). Lidah buaya atau aloe vera juga berkhasiat sebagai anti inflamasi (peradangan), antijamur, antibakteri, dan membantu proses regenerasi sel. Tidak heran bahwa tanaman ini tak henti-hentinya menjadi incaran semua orang.

Berikut ini manfaat lain lidah buaya untuk kesehatan kulit:

  • Mengurangi kulit berminyak
  • Mengurangi dan menyembuhkan jerawat
  • Melembapkan kulit kering
  • Mengurangi keriput
  • Menghaluskan kulit iritasi
  • Mencerahkan kulit
  • Mengurangi flek hitam
  • Membuat kulit tampak awet muda
  • Membantu menutrisi akar rambut
  • Mengurangi rambut rontok dan ketombe

Hingga kini, lidah buaya sering dimanfaatkan untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Hal ini dikarenakan kemampuan tanaman ini dalam membantu memberikan rasa nyaman pada kulit kering yang gatal dan terbakar akibat terpapar sinar matahari.

Lidah buaya dapat memberikan sensasi rasa dingin dan segar, serta meredakan rasa panas dan terbakar pada kulit. Tak hanya itu, tanaman ini juga bisa mengembalikan kelembapan kulit sehingga mencegah kulit kering dan terkelupas.

Dikatakan, penggunaan lidah buaya secara rutin selama tiga bulan dapat memberikan perubahan yang cukup signifikan bagi kulit. Namun, sebaiknya konsultasikan hal ini dengan dokter kulit Anda, khususnya mengenai jenis dan keadaan kulit Anda, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Dapat disimpulkan bahwa pertanyaan Anda tentang lidah buaya dapat menyembukan infeksi jamur di kulit hanya mitos.

Kami anjurkan Anda untuk berobat kepada dokter sepsialis kulit dan kelamin untuk mendapatkan evaluasi dan tatalaksana lebih lanjut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar