Sukses

Sebab dan Cara Mengatasi Tidur Tidak Nyenyak

10 Jun 2018, 21:32 WIB
Wanita, 22 tahun.

Pagi dok. Saya tika, 22 tahun. Saya mau bertanya selama 2 hari ini saya mengalami masalah tidur. Saya tidur tapi tidak nyenyak. Mimpi terasa seperti nyata. Suara orang dan sekitar tetdengar jelas. Ketika bangun, kepala saya pusing, mual dan badan lemas. Saya punya penyakit maag dan insomnia. Apa masalah tidur saya ini karena penyakit saya atau karena hal lain? Terima kasih.

Terimakasih telah bertanya tentang Sebab dan Cara Mengatasi Tidur Tidak Nyenyak melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Tidur merupakan salah satu kebutuhan mendasar untuk setiap orang. Kualitas tidur yang baik akan membantu seseorang memulihkan kondisi tubuhnya menjadi kembali segar dan fit. Kurang istirahat ataupun dengan kualitas tidur yang kurang baik juga dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga mudah terkena penyakit. Tidur yang tidak nyenyak dapat disebabkan oleh berbagai penyebab diantaranya :

pencahayaan yang terlalu terang

kondisi psikis tertentu seperti gangguan cemas, depresi atau lainnya

sedang mengalami suatu penyakit tertentu seperti gangguan pernapasan, nyeri kepala atau penyakit lain yang membuat tidur tidak nyaman

mimpi buruk

konsumsi obat-obatan tertentu

Gangguan tidur yang disebut Obstruktif Sleep Apneu

dan lain-lain

Untuk membantu agar tidur lebih nyenyak, Anda dapat mencoba melakukan beberapa hal berikut ini :

1. Buat jadwal tidur yang teratur.

Tidur dan bangun pada jam yang sama setiap harinya akan memprogram tubuh untuk tidur lebih baik.

2. Buat lingkungan tidur yang baik.

Jaga kamar tidur setenang dan segelap mungkin. Suhu kamar tidakBOLEH  terlalu dingin atau panas. Temperatur, pencahayaan dan suara sebaiknya dikontrol sehingga lingkungan tempat tidur membantu untuk mudah terlelap dan tidak terjaga pada dini hari.

3. Pastikan tempat tidur nyaman.

Sulit untuk tidur pada tempat tidur yang terlalu lembut atau terlalu keras, atau yang terlalu kecil.

4. Berolahraga teratur.

Lakukan olahraga secara teratur seperti renang atau berjalan. Jangan melakukan olahraga yang terlalu berat dekat dengan jam tidur.

5. Kurangi kafein.

Kurangi stimulan seperti kafein pada teh dan kopi, terutama pada malam hari. Efek kafein dapat bertahan hingga 24 jam dan dapat menganggu proses tidur serta mencegah tidur dalam. Minumlah susu hangat sebagai gantinya.

6. Jangan makan atau minum alkohol berlebihan pada malam hari.

Alkohol dapat mengganggu tidur pada dini hari.

7. Jangan merokok.

Perokok lebih sulit tidur, terbangun lebih sering, dan tidurnya lebih sering mengalami gangguan.

8. Coba rileks sebelum tidur.

Mandi dengan air hangat, dengarkan musik yang pelan, lakukan yoga.

9. Buat daftar hal-hal yang harus dilakukan esok harinya.

Luangkan waktu sebelum tidur untuk menulis hal-hal yang harus dilakukan pada pagi harinya untuk mencegah Anda melakukannya di tempat tidur sehingga tidak dapat tidur.

10. Bila tidak dapat tidur, jangan bertahan di tempat tidur.

Bangun dan lakukan aktivitas yang membuat santai hingga mengantuk kembali.

11. Tidur dalam keadaan gelap. Dalam keadaan gelap tubuh akan menghasilkan hormon melatonin yang berperan dalam mengatur siklus bangun-tidur seorang manusia. Selain itu dengan meningkatkan kadar hormon melatonin, maka seorang dapat tidur dalam keadaan yang lebih nyenyak. Cahaya yang masuk ke dalam kamar Anda memengaruhi seberapa banyak melatonin diproduksi tubuh. Melatonin biasanya dikeluarkan di saat gelap dan menginstruksikan tubuh untuk segera tidur.

Jika keluhan yang Anda rasakan semakin mengganggu kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis psikiatri.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Sebab dan Cara Mengatasi Tidur Tidak Nyenyak. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam, 

    0 Komentar

    Belum ada komentar