Sukses

Cara Menambah Tinggi Badan

10 Jun 2018, 20:23 WIB
Pria, 17 tahun.

Halo, Dok Diumur saya yang segini, apakah masih bisa menumbuhkan tinggi badan? karena pertumbuhan saya terhenti semenjak kelas 8, bukan hanya tinggi tapi seluruh tulang di bagian seluruh tubuh saya mungkin. Dan juga efek yang paling bikin tidak nyaman adalah tulang pergelangan saya sangat mengecil, dan ukurannya beda sebelah walaupun tidak signifikan. Pun saya tau tulang tersebut, mungkin ditutupi daging ataupun lemak, karena lengan saya cukup besar, sedangkan pergelangan saya kecil. Tidak menutupi juga, disaat saya gendut tulang lengan saya tetap kecil, dalam artian tidak adanya daging dan lemak yang ikut membantu. Juga karena ukuran tulang tangan saya yang panjang. Bahkan saya bisa menyentuh lutut saya dalam kondisi badan tegap berdiri. Memang dari akar permasalahan tersebut adalah ingin tinggi normal, tapi saya sempat gym secara intensif selama 4 bulan waktu smp. Karena obsesi. Tapi apakah ada solusi lain secara medis? bukan hanya solusi umum. Seperti minum susu lah apalah. Saya sudah coba kedokter untuk suntik HGH selama 4bulanan terjadwal, gatau lupa nama cairannya apa. Tapi yg tertera disitu ada LG, dan itu saya lakukan saat kelas 9. Berarti setahun setelahnya. Dan itu bener2 pricy dok, disaat 4 bulan habis. saya konsul lagi, dan dibilang. cek hgh lagi di klinik, dan dokter untuk melanjutkan untuk lanjut ke fase penyuntikan ke 2, berarti menambah 4 bulan. Untuk itu saya menolak, karena terlalu pricy. Dan yang saya sayangkan waktu itu adalah saya kurang konsultasi terhadap dokter kenapa harus itu atau ini. Yang saya hanya lakukan adalah manut terhadap apa yang diperintahkan. Entah waktu itu saat treatment yang dokter kasih ada boost pertumbuhan, atau pembuka jalan saya untuk tumbuh dari yang terhambat. Tapi yang saya konklusikan mungkin bukan boost untuk tumbuh, tapi rangsangan terhadap hgh saya untuk tumbuh kembali karena gym. Entah istilah medisnya seperti apa, atau gimana pun itu. Tapi yang bisa saya konklusikan adalah seperti itu. //Untuk itu saya ingin jawaban dokter secara medis dan mendalam. 1. Apakah dengan kasus tersebut saya, yang berumur 17 tahun dapat tumbuh kembali? 2. Apakah ada metode lain? Dengan cara apa? 3. Bagaiman solusi terhadap tulang pergelangan saya yang kecil

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com.

Tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu genetik (keturunan), gizi, dan lingkungan. Genetik dalam hal ini adalah faktor tinggi badan kedua orangtua. Perlu diketahui bahwa penambahan tinggi badan dapat dilakukan apabila lempeng pertumbuhan yang terdapat di tulang panjang masih terbuka. Lempeng tersebut terbuka pada saat usia pubertas dan baru akan menutup pada usia 20-21 tahun. Proses pemadatan tulang dewasa akan berhenti sampai usia 35 tahun. Namun menutupnya lempeng pertumbuhan harus dibuktikan dengan foto rontgen di beberapa area tulang. 

Faktor - faktor yang dapat mempengaruhi tinggi badan seseorang disertai tips untuk memperoleh tubuh ideal antara lain:

1. Genetik

Gen yang mempengaruhi tinggi rendah badan seseorang dinamakan HMGA2. Perubahan sebuah "huruf" dasar di kode genetik HMGA2 yakni sebuah C (disingkat dengan Cytosine) akan mempengaruhi tinggi badan seseorang. Seseorang yang hanya mendapatkan C dari salah satu orang tuanya akan lebih tinggi setengah sentimeter dari yang hanya memiliki T (disingkat dari Thymin). Begitu pula, bila seseorang memiliki C ganda akan membuat mereka lebih tinggi satu sentimeter dari yang memiliki T ganda. Masih ada lagi gen-gen yang berkaitan dengan tinggi badan. HMGA2 hanya menjelaskan 0,3 persen dari keberagaman tinggi manusia.

Adapun rumus untuk memperkirakan tinggi anak berdasarkan tinggi orangtuanya adalah :

Anak laki-laki= (Tinggi Ibu + Tinggi Ayah + 13) (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cmAnak perempuan = (Tinggi Ibu + Tinggi Ayah - 13) (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cmRumus tersebut tidak mutlak dan merupakan perkiraan, umumnya saat mencapai dewasa kebanyakan anak dapat mencapai sekitar 10 cm dari estimasi tersebut. Hasilnya tetap dipengaruhi oleh berbagai faktor lain seperti asupan gizi dan nutrisi, serta aktivitas fisik.

2. Nutrisi

Tinggi badan menunjukkan kualitas gizi orang tersebut saat masa kanak-kanak dulu. Jika kualitas gizi orang itu kurang pada masa kanak-kanak dulu, orang tersebut cenderung pendek pada masa dewasanya, dan sebaliknya. Untuk menunjang pertumbuhan yang optimal di butuhkan vitamin untuk kekuatan tulang yaitu vitamin D, kalsium, dan phospor. Semua vitamin tersebut terangkum dalam makanan yg mengandung protein. baik itu protein hewan atau nabati, serta unsur sayuran hijau. contoh protein hewani yaitu: daging, ayam atau ikan, kerang, cumi, seafood lainnya, serta putih telur. contoh protein nabati yaitu: tahu tempe dan kacang2an kering lainnya seperti kacang tanah, kacang hijau, kacang polong dan sebagainya. Tidak diperlukan suplemen dalam hal ini apabila kebutuhan nutrisi Anda sudah cukup.

3. Olahraga

Dianjurkan untuk melakukan olah raga yang memberikan beban pada tulang panjang kaki, misalnya atletik, lari santai, lompat tali (skipping), basket, badminton, renang dan olahraga lain yang sejenis. Dengan cara tersebut, tulang dirangsang tumbuh sedikit lagi karena hentakan berat badan. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar