Sukses

Flek di Saat Hamil Muda

10 Jun 2018, 08:12 WIB
Wanita, 30 tahun.

Saya hamil 6w. Awalnya ga ada gejala apa2. Pada hari selasa (5/6/2018) saya perksa k dokter kandungan. Tp janin blm terlihat. Kmudian dilakukan transvaginal. Hasilnya mmg ada janin yg berkembang. Tp ga tau knp keesokan hrinya pas saya mandi sore tiba2 ada flek kecoklatan di CD saya. Dan itu berlansung sampai pagi. Kmdian saya prksa lgi k dokter kabdungan dan diberi obt penguat kndungan. Tp sdh 2 hari ini fleknya ttp g berhenti. Darahnya mlh hitam agak kental dan lumayan byk. Saya takut terjadi apa2 sama janin saya. Pdhl sya sdh bedrest dirumh tapi darah tetep g mau berhenti walaupun sdh dikasih penguat kandungan. Bahayakah kondisi saya ini dok? Mohon penjelasannya. Trm ksh.

Terima kasih telah bertanya seputar flek di saat hamil muda menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran And. Keluarnya bercak darah atau flek saat hamil memang perlu mendapat perhatian lebih karena dapat menjadi pertanda suatu bahaya bagi janin yang dikandung, namun memang pada 20-30% wanita hamil terkadang dapat mengalami flek-flek perdarahan yang biasa terjadi di awal kehamilannya (3 bulan pertama kehamilan).

Beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya flek-flek selama kehamilan diantaranya adalah:

  1. Melakukan hubungan seksual selama kehamilan. Biasanya flek-flek darah akan timbul setelah melakukan hubungan seksual saat hamil karena saat hamil serviks (leher rahim) wanita dialiri oleh lebih banyak darah dibandingkan oleh wanita yang tidak hamil, karena itu serviks wanita yang sedang hamil lebih mudah berdarah
  2. Infeksi pada janin
  3. Kelainan pada janin
  4. Keguguran
  5. Kehamilan di luar kandungan (kehamilan ektopik)
  6. Blighted Ovum (BO). Merupakan suatu kelainan dimana janin di dalam rahim gagal untuk berkembang
  7. Infeksi saluran reproduksi oleh jamur, parasit, ataupun bakteri

Apabila flek keluar terus-menerus disertai kram perut bawah, hati-hati, kemungkinan Anda sedang mengalami abortus mengancam (iminens). Abortus iminens adalah tahap awal abortus di mana mulut rahim masih tertutup dan kehamilan umumnya masih dapat dipertahankan dengan obat penguat kandungan seperta yang dokter Anda berikan. Kami sarankan agar Anda banyak beristirahat dan melakukan tirah baring. Jangan terlalu lelah bekerja. Berkonsultasilah kembali kepada dokter kandungan Anda jika flek semakin banyak.

Demikian informasi ini kami sampaikan terkait perdarahan di awal kehamilan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar