Sukses

Nyeri Otot Setelah Muaythai
10 Jun 2018, 07:59 WIB
Pria, 33 tahun.

Dok, saya bbrp minggu lalu mulai mengikuti kegiatan muaythai & pada pertemuan ke 2 bahu jadi sakit krna memang ketika pemanasan harus posisi plank jalan (plank tapi kaki dipegangi teman lain & tangan yg jalan) & juga push up bbrp kali.. trus bahu nya seperti terkilir.. saya coba kasih counterpain, balsem & koyo juga tidak kunjung sembuh.. dan ini sudah 4x pertemuan muaythai, & sakit nya itu kalau posisi tangan diarahkan ke belakang saja.. apakah sya harus ke dokter syaraf atau gimana ya dok? atau harus lgsg ke fisioterapi? seandainya saya tetap melakukan muaythai apakah tidak apa2? terima kasih telah menjawab..

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri otot setelah muaythai menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda. Jika benar yang Anda maksud adalah nyeri otot, keluhan Anda akan muncul terutama jika:

  1. Anda melakukan aktifitas yang tidak biasa Anda lakukan
  2. Anda tiba-tiba meningkatkan level intensitas gerakan anda atau meningkatkan lamanya waktu kerja.
  3. Anda melakukan latihan eksentrik, yang malah memperpanjang bukannya memperpendek otot Anda

Perubahan-perubahan yang dilakukan dalam aktivitas yang Anda lakukan ini dapat menyebabkan cedera kecil yang disebut microdamage dalam serat otot dan jaringan ikat yang dikemudian hari akan membuat Anda merasakan sakit pada otot Anda.

Pertolongan pertama pada nyeri otot setelah berolahraga dapat dilakukan dengan mengompres air dingin pada onset awal kejadian, lalu mengistirahatkan otot tersebut untuk jangka waktu tertentu, pada hal ini keduanya sudah anda lakukan. Setelah 10 hari jika nyeri masih bertahan ada baiknya dilanjutkan dengan massage, memijat perlahan otot yang nyeri dan di kompres hangat sebelumnya dengan harapan akan memperlancar peredaran darah dan relaksasi otot yang tegang setelah olahraga berlebih sebelumnya.

Namun, Berdasarkan informasi yang anda berikan, kami juga belum dapat menyingkirkan kemungkinan adanya cedera pada otot bahu Anda. Apabila didiamkan, robekan yang terjadi bisa semakin lebar dan apabilamenyembuh, sendi bahu anda bisa menjadi kaku dan tidak bisa berfungsi 100% lagi seperti sebelum cedera. Untuk memastikannya, kami sarankan anda berkonsultasi dengan dokter spesialis ortopedi untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Anda dapat pula berkonsultasi ke dokter spesialis rehabilitasi medik.

Baca artikel ini untuk menambah wawasan Anda seputar nyeri setelah olahraga:

Tips Nyeri Setelah Olahraga

Kenapa Nyeri Otot Setelah Olahraga?

Demikian informasi yang data kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar