Sukses

Nyeri Wajah Kanan

10 Jun 2018, 07:02 WIB
Wanita, 15 tahun.

dok, dua hari ini bagian batang hidung sebelah kanan saya dan bagian belakang kepala sebelah kanan saya selalu sakit. saat sakit seperti ini, saya menjadi susah melihat dan tidak bisa duduk/berdiri lama. saat berbaring pun, sakitnya masih terasa dan saat ingin bangun, nyerinya semakin menjadi selama beberapa saat lalu kembali seperti sebelumnya. bagaimana cara menghilangkan nyeri ini tanpa obat, ya, dok? karena saya puasa. terima kasih sebelumnya.

Terima kasih telah bertanya tentang nyeri wajah sebelah kanan menggunakan layanan Tanya Dokter

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Perlu kami tanyakan sebelumnya, sudah berapa lama kondisi tersebut anda rasakan? Apakah menetap ataukah hilang timbul? Adakah faktor yang mempengaruhinya? Adakah keluhan lain, seperti demam dan lainnya? Adakah masalah pada struktur sekitarnya, seperti gigi, telinga, hidung, maupun mata?

Keluhan yang Anda rasakan mengarah pada beberapa kondisi seperti neuralgia trigeminal, migraine atau sinusitis. Namun untuk menentukan secara pasti memerlukan pemeriksaan langsung oleh dokter.

Neuralgia trigeminal diartikan sebagai nyeri seperti tikaman , berlangsung singkat , datangnya tiba-tiba dan berulang yang dirasakan didaerah persarafan satu atau lebih, cabang-cabang dari saraf trigeminus (N.V) yaitu pada daerah wajah. Penderita terkena kebanyakan diatas usia 40 tahun , wanita lebih banyak dari laki-laki .

Untuk memastikannya, mungkin dibutuhkan Pemeriksaan Penunjang seperti MRI , CT-Scan , untuk mendeteksi adanya penyebab neuralgia trigeminal seperti kompresi radiks N.V oleh pembuluh darah , meningioma , sclerosis multiple. Oleh karena itu melakukan pemeriksaan diri kepada dokter merupakan jalan pertama yang seharusnya diambil.

Sementara itu, untuk mengatasi keluhan saat ini dapat diberikan obat penghilang rasa sakit. Namun penggunaannya tidak dianjurkan sebagai pemakaian rutin atau jangka panjang, karena dapat menyebabkan gangguan lambung.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar