Sukses

Penyebab Stretch Mark

10 Jun 2018, 03:55 WIB
Wanita, 16 tahun.

Dok. Saya masih remaja umur 16thn. Tp saya sudah memiliki banyak sekali stretchmark di betis dan paha saya. Orgtua saya bilang penyebabnya adalah bagian trsbt digaruk saat keadaan saya sedang haid, apa itu benar dok? Lantas obat apa yg paling bagus untuk menghilangkan nya dok? (kebetulan masih berwarna merah Stretchmarknya)

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih atas kepercayaan anda berkonsultasi di klikdokter.com

Stretch marks dapat terjadi pada pria maupun wanita dan biasanya terjadi pada kondisi di mana kulit sempat meregang (seperti dalam kehamilan, kegemukan) dan kemudian mengalami penurunan berat badan sehingga kulit yang sempat meregang. Stretch marks juga dapat terjadi pada masa pertumbuhan cepat pada masa pubertas karena tubuh tumbuh dengan cepat seperti pada usia Anda. Stretch marks juga sering terjadi jika terdapat riwayat dalam keluarga. Apakah ada riwayat obat-obatan kortikosteroid yang Anda gunakan? Bagaimana dengan riwayat berat badan Anda? Adakah Prosedur fitness yang Anda lakukan? Adakah prosedur yang menyebabkan peregangan kulit terus menerus?

Untuk memastikan diagnosis, diperlukan pemeriksaan langsung. Jika stretch marks mengenai bagian tubuh cukup luas maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter. Pada pengaruh karena pertumbuhan cepat masa puber, stretch marks pada remaja pria dapat terjadi pada daerah bahu dan punggung. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk menentukan apakah stretch marks yang Anda alami merupakan kondisi yang normal terjadi atau diperlukan pemeriksaan hormon untuk mengetahui apakah ada kondisi kesehatan lain yang mendasari stretch marks Anda. Adakah keluhan lain yang Anda rasakan? Sudah berapa lama usia stretch marks Anda? Usia stretch marks juga mempengaruhi pilihan penanganan.

Pilihan-pilihan penanganan stretch marks saat ini meliputi:

Krim tretinoin. Krim tretinoin memperbaiki stretch marks dengan meningkatkan pembentukan kolagen dan dapat membantu memperbaiki stretch marks yang usianya kurang dari 2-3 bulan dan masih berwarna kemerahan. Penggunaan krim tretinoin pada stretch marks yang berusia lebih dari 2-3 bulan tidak efektif. Namun, krim tretinoin tidak dapat digunakan pada Ibu hamil dan menyusui.Terapi Laser. Penanganan dengan laser bertujuan untuk menstimulasi pembentukan kolagen, elastin atau melanin di kulit. Penggunaan tipe laser berbeda-beda bergantung dengan usia dan lokasi stretch marks serta warna kulit Ibu.Mikrodermabrasi. Penanganan dengan mikrodermabrasi bertujuan untuk menghilangkan lapisan kulit yang paling luar dan memicu pertumbuhan lapisan kulit baru yang lebih elastis. Penanganan dengan mikrodermabrasi ini efektif untuk stretch marks yang usianya sudah lama.Untuk mendapatkan penanganan tersebut, Anda dapat mengunjungi dokter spesialis kulit atau dokter ahli estetika yang terlatih dengan terlebih dahulu dinilai kondisinya oleh dokter.

Semoga jawaban kami dapat menjawab pertanyaan Anda. 

Hormat kami, RF

0 Komentar

Belum ada komentar