Sukses

Bergerak Saat Tidur

09 Jun 2018, 00:27 WIB
Pria, 21 tahun.

Halo dok! Saya punya pertanyaan. Ketika saya mau tidur atau sedang tidur saya seringkali tiba-tiba menarik nafas sangat kencang sehingga membuat saya terbangun kembali. Kejadian ini sih keseringan terjadi saat menjelang tidur (saat mulai masuk alam mimpi). Dan terkadang juga bibir saya sering bergerak sendiri (kejadian hampir sama kaya diatas, bedanya ini bibir yang bergerak bukan nafas). Terima kasih sebelumnya. :D

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Pada dasarnya ketika tidur, manusia memang bergerak. Beberapa orang dapat bergerak lebih banyak dari orang lainnya. Gerakan-gerakan tersebut termasuk membalikkan badan, berputar, memiringkan badan dan lainnya. Selama tidak mengganggu tidur diri sendiri dan orang lain, misalkan sampai terbangu , menendang atau memukul teman tidur, dan lainnya, maka bergerak dalam tidur merupakan hal yang wajar.

Kewaspadaan diperlukan jika terjadi kejadian berjalan sambil tidur, kejang saat tidur, atau melakukan aktivitas yang dimimpikan dalam tidur misal berkelahi, dan sejenisnya. Masalah ini memerlukan evaluasi lebih lanjut oleh dokter spesialis saraf atau dokter ahli tidur.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar