Sukses

Menggugurkan Kandungan

08 Jun 2018, 22:26 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok saya telah mencoba menggurkan kandungan 3 bulan dengan obat misoprostol 4 biji . Menurut tatacara pemakaian dari teman saya dia memberitahu bahwa meminum obat itu dengan alkohol. Alhasil saya pusing parah dan muntah muntah. Tapi malah tidak mengalami pendarahan sampai selama sehari ini . Menurut dokter apa saya gagal menggugurkan kandungan tersebut dan apa yg bisa saya lakukan selanjutnya untuk menggugurkan kandungan ?

Terima kasih telah bertanya seputar menggugurkan kandungan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Mohon maaf atas keterlambatan jawaban kami. Menggugurkan kandungan atau dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah “abortus” adalah pengakhiran kehamilan sebelum usia 20 minggu kehamilan atau berat bayi kurang dari 500 g (ketika janin belum dapat hidup di luar kandungan). Angka kejadian aborsi meningkat dengan bertambahnya usia dan terdapatnya riwayat aborsi sebelumnya.

Proses abortus dapat berlangsung secara :

Spontan / alamiah (terjadi secara alami, tanpa tindakan apapun)Buatan / sengaja (aborsi yang dilakukan secara sengaja),Terapeutik / medis (aborsi yang dilakukan atas indikasi medik karena terdapatnya suatu permasalahan atau komplikasi).

Untuk menggugurkan kandungan harus ada alasan medis yang tepat, alasan tersebut meliputi: ada cacat janin yang tidak dapat disembuhkan dan mengancam nyawa janin, ibu memiliki penyakit dan kondisi kesehatannya terancam dengan kandungan yang dialaminya. Perlu juga diketahui bahwa terdapat risiko dari penguguran kandungan. Ada beberapa efek juga yang dapat muncul dari pengguguran kandungan yang salah seperti kelainan pada organ kelamin wanita, lalu dapat juga terjadi gangguan psikis pada sang Ibu.

Sayang sekali kami tidak dapat memberikan cara untuk menggugurkan tanpa adanya alasan medis yang tepat dan terkait dengan etika kedokteran yang kami anut. Pengguguran kandungan di luar indikasi medis akan berpotensi membahayakan nyawa sang ibu.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai menggugurkan kandungan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar