Sukses

Cara Agar Haid Bisa Lancar

08 Jun 2018, 14:30 WIB
Wanita, 41 tahun.

Dok mau tanya, saya sudah berumur 41 tahun, suami saya umur 35 tahun dok saya mau tanya saya terakhir dapat haid bulan april selama 2 minggu tpi bulan mei sampai sekarang belum ada, sudah periksa sudah dikasih obat penurun haid tpi blm ada hasilnya. Dok itu pengaruh apa ya? minta solusinya ya dok supaya haid saya lancar dan bisa punya keturunan lagi. Terima kasih.

Terima kasih telah bertanya seputar memperlancar haid melalui fitur Tanya Dokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Jumlah darah menstruasi yang sedikit dapat dipengaruhi oleh perubahan hormonal. Perubahan tersebut dapat berupa fluktuasi normal. Hal ini juga dapat dipengaruhi keadaan tertentu seperti stress fisik dan emosional atau pun karena pengaruh diet yang kurang bernutrisi. Apakah Anda dapat keadaan tersebut? Coba Anda perhatikan jumlah dan lama menstruasi pada siklus mendatang.

Sebenarnya lama haid 3-5 hari tidak masalah untuk kesuburan walaupun jumlah darah yang keluar adalah sedikit. Siklus menstruasi normal berlangsung selama 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari, dengan jeda 21-35 hari. Jika siklus menstruasi masih dalam kisaran waktu di atas maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memperlancar haid yang tidak teratur adalah:-Cukup IstirahatIstirahat yang banyak merupakan syarat mutlak agar tubuh kita mendapatkan keseimbangan untuk menghindari suatu masalah. Dalam seminggu sebaiknya sisakan satu hari untuk anda berlibur agar mengurangi stress, karena stress merupakan salah satu faktor dari menstruasi yang tidak teratur.

-Olahraga Jalan Kaki dan JoggingKedua olahraga ini sangat membantu untuk melancarkan haid. Namun untuk olahraga yang berat dan berlebihan jangan dilakukan karena akan berakibat kesulitan untuk menstruasi hal ini disebabkan kondisi tubuh yang mengalami kelelahan.

-Pakailah Pakaian Dalam NyamanPakaian dalam seperti bra dan celana dalam sebaiknya pilih dengan menggunakan bahan yang nyaman dan menyerap keringat. Selain itu juga ukurannya jangan yang terlalu kecil dan ketat ini akan menjadikan kegiatan saat haid lebih mudah dan nyaman. Memakai bra yang nyaman dan longgar juga bisa mengatasi mengurangi nyeri pembengkakan dikarenakan gejala dari PMS.

-Konsumsi Makanan Untuk Melancarkan Haid

Sayuran hijau, kandungan yang kaya akan zat besi dan vitamin B dan juga serat yang tinggi akan membantu melancarkan sistem pencernaan dan juga ikut melancarkan siklus dari menstruasi.Kacang kacangan, kandungan lemak baik dan juga omega 3 nya bisa kita gunakan sebagai makanan ringan saat haid dan ini juga ada hubungannya dengan memperlancar haid. Kalorinya lebih baik jika dibandingkan dengan kalori dari junkfood.Daging merah, asupan zat besi saat haid sangat penting sekali pada saat anda sedang menstruasi. Hal ini adalah sebagai substitusi zat besi yang dikeluarkan oleh darah haid setiap bulannya. Pada wanita yang sering konsumsi daging merah pada saat haid biasanya dia akan memiliki zat besi yang lebih baik pada saat haid daripada yang tidak mengkonsumsi daging meerah.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai memperlancar haid. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat. 

    0 Komentar

    Belum ada komentar