Sukses

Berat Badan Menurun Drastis

08 Jun 2018, 08:46 WIB
Pria, 19 tahun.

Dok, saya mau tanya mengenai penurunan berat badan yang akhir akhir ini saya alami. Beberapa minggu terkahir saya dikagetkan dengan BB saya yang mulanya konstan 52 kg menjadi 48 kg. Padahal saya tidak sedang diet maupun mengurangi makanan tertentu. Lalu saat saya menimbang BB lagi ternyata berat badan saya turun lagi menjadi 46,5 kg. Entah kenapa, kadang saya berpikir mungkin karena saya sedang terlalu banyak kegiatan karena memang tengah disibukkan oleh kuliah dan kegiatan organisasi. Selain itu, kepala bagian belakang yang bawah atau sekitar bagian leher terasa sakit ketika saya kelelahan ataupun stress dan disertai panas, saat pelajaran pun saya sering sekali mengantuk. Mengenai BB saya yg turun drastis apakah ada gejala Anoreksia atau penyakit tertentu? Dan mengenai kepala bagian belakang yang bawah sakit dan sering mengantuk itu tadi apakah saya terkena tinggi kolesterol? Anemia? atau bagaimana, Dok? Mohon jawabannya. Terima kasih. :)

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Berat badan turun dapat dipengaruhi oleh banyak sekali kondisi. Beberapa hal yang membuat berat badan menurun drastis adalah:

Gangguan Psikis seperti Depresi. Depresi dapat secara tidak langsung membuat seseorang tidak nafsu makan dan berat badan pun menjadi menurun.Penyakit kronis yang dapat membuat berat badan turun adalah penyakit hipertiroid, diabetes melitus, TBC dan banyak lagi.Merujuk dari cerita Anda, kemungkinan keluhan yang Anda rasakan saat ini berhubungan dengan kejadian perceraian orangtuan Anda. 

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menaikkan berat badan, antara lain:

Makan secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang lebih banyak dari biasanya dan ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal.Meningkatkan asupan protein dan karbohidrat sangat baik untuk meningkatkan berat badan. Makan lebih banyak makanan sumber energi dan protein dari biasanya seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu. Berolahraga secara teratur. Beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang tentunya berguna untuk menaikkan berat badan. Jenis olah raga pun tidak perlu yang sulit atau terlalu berat. Berjalan kaki selama 30 menit secara teratur sudah cukup untuk menjaga keseimbangan tubuh.Istirahat yang cukup agar energi Anda tidak banyak terbuang percuma.Memperbanyak minum air putih.Bila memang keadaan ini terus berlanjut kami sarankan agar Ibu konsultasi ke dokter penyakit dalam untuk mengetahui penyebab dari penurunan berat badan yang drastis ini. 

Demikian informasi ini kami sampaikan , semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar