Sukses

Menstruasi Singkat dan Keputihan

07 Jun 2018, 21:29 WIB
Pria, 34 tahun.

Selamat siang. Saya Melly umur 34thn dr kupang. Yang mau saya tanyakan. 2bln terakhir ini menstruasi saya hanya 2 hari sudah stop. Pengeluhan sekarang saya mengalami keputihan disertai gatal, tidak bau. Cairan keputihan bening dan kadang bergumpal. Terima kasih

Terima kasih telah bertanya seputar menstruasi singkat ini melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kehawatiran yang Anda rasakan. Siklus haid normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari, keluarnya darah haid berkisar 20-60 ml per hari. Siklus haid diketahui dengan cara menghitung jarak hari dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya, sehingga tidak masalah jika tanggal mulai haid Anda tidak pernah pada tanggal yang sama. Yang terpenting, siklus haid tersebut masih dalam kisaran normal.

Beberapa faktor yang dapat berperan pada gangguan siklus menstruasi, yaitu pola makan yang tidak teratur, stress, aktivitas berlebihan, atau obeistas (kelebihan berat badan). Hal-hal tersebut dapat menimbulkan gangguan pada keseimbangan hormonal Anda yang kemudian menyebabkan durasi menstruasi Anda memendek. Coba analisa kembali kegiatan Anda satu tahun terakhir, dan hilangkan perasaan tertekan dan stress yang Anda rasakan, dan mungkin mengatur makanan serta olahraga teratur. 

Karena haid Anda datang teratur maka sebenarnya Anda tidak perlu terlalu khawatir dengan haid Anda karena masih dapat dikatakan normal. Namun, apabila setelah melakukan modifikasi gaya hidup Anda masih mengalami keluhan, maka ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan.

Gatal pada vagina dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah jamur, parasit, ataupun kutu. Apabila diikuti dengan keputihan yang kental bergumpal-gumpal seperti susu maka kemungkinan jamur, bila dengan keputihan yang berwarna kehijauan maka kemungkinan disebabkan parasit. Bila ada seperti titik darah di celana dalam dan sangat gatal di pubis mungkin disebabkan oleh kutu pada rambut pubis. Namun bisa juga gatal disebabkan karena vagina yang lembab dan kebersihannya kurang terjaga. Gatal pada vagina bukanlah gejala dari penyakit kanker serviks. Keputihan gatal karena keputihan patologis.

Sebagai informasi, keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti sesaat sesudah menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri.

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.

Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit.

Saran kami adalah Anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter mengenai keluhan tersebut untuk mengetahui dengan pasti penyebabnya. Kelainan kulit dan kelamin memang memerlukan pemeriksaan langsung untuk diagnosis, oleh karena itu periksakan segera ke dokter untuk kemudian mendapatkan penanganan yang sesuai.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar