Sukses

Puting Tidak Menonjol

07 Jun 2018, 21:10 WIB
Wanita, 22 tahun.

Halo dok, saya perempuan usia 22 tahun dan tahun depan saya akan menikah. Yang mau saya tanyakan, kenapa di usia 22 tahun ini puting saya masih belum terlihat menonjol ya, padahal ukuran payudara bisa dibilang cukup besar. Apakah itu normal dok? Dan apakah waktu hamil nanti puting akan menonjol sendiri? Karena sebelumnya saya cukup santai dalam menanggapi bentuk payudara, tentang puting yg belum menonjol, karena saya kira puting akan menonjol sendiri pada waktu masa kehamilan terjadi. Tetapi setelah saya menemukan dan membaca blog tentang kehidupan setelah menikah saya jadi agak worry ya apakah saya bisa menyusui nantinya. Sekian dok, terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Keluhan Anda mengenai puting tidak menonjol pasti sangat mengganggu Anda.

Sebelumnya perlu dipastikan terlebih dahulu mengenai kesamaan persepsi "puting susu tidak menonjol keluar" seperti yang Anda maksudkan.

Apakah benar tampak seperti masuk ke dalam? atau Apakah tetap menonjol namun terlihat kecil?

Selain itu, diperlukan beberapa data tambahan yang mungkin membantu, yaitu:

Apakah kondisi ini Anda alami sejak dulu? Pada usia berapakah Anda mendapatkan menstruasi pertama Anda? Bagaimanakah dengan siklus menstruasi Anda selama ini (teratur/tidak teratur)? Bagaimanakah dengan pertumbuhan bulu ketiak dan bulu di alat kelamin Anda?

Perkembangan pubertas pada wanita normal dapat digambarkan melalui Stadium Tanner yaitu:

Pada usia Anda saat ini, perkembangan payudara dan puting susu seharusnya telah mencapai stadium 5 (payudara dewasa). Namun memang terdapat beberapa keadaan yang dapat menyebabkan gangguan pada bentuk dan perkembangan puting susu, di antaranya adalah faktor hormonal, mekanis (kurang mendapatkan rangsangan), penyakit, dsb.

Untuk itu, idealnya perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung untuk menilai kondisi puting Anda dan mengevaluasi berbagai kemungkinannya. Kondisi ini dapat bersifat sementara namun juga dapat bersifat permanen jika puting tetap masuk meski telah mendapatkan rangsangan.

Yang dapat Anda lakukan saat ini adalah dengan memberikan stimulasi atau rangsangan pada puting susu untuk membuatnya keluar atau normal kembali. Rangsangan ini dapat dilakukan sendiri dengan cara menarik puting susu beberapa kali dalam sehari.

Apabila dengan tips tersebut tidak didapatkan perbaikan, maka kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk tatalaksana yang lebih optimal.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar