Sukses

Nyeri Perut Bawah Setelah Melahirkan

07 Jun 2018, 19:39 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dok.. Mau tanya kenapa yah uda 2 bulan yg lalu z melahirkan perut saya bagian bawah sering sakit dan sakitnya terasa sampai dilubang vagina. Badan saya sering panas dingin sering menggigil sesak nafas dan perasaan kaya mau pingsan. Tolong jawabanya dok.

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Nyeri Perut Bawah Setelah Melahirkan.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Apakah Anda melahirkan secara normal atau melalui operasi? Nyeri perut dapat dialami oleh ibu pasca melahirkan, dengan metode persalinan apapun. Pada dasarnya nyeri perut merupakan respon normal yang terjadi setelah melahirkan karena kontraksi rahim agar menyusut kembali ke ukuran aslinya. Ketidaknyamanan pada perut ini biasanya lebih intens selama menyusui, yang diakibatkan oleh stimulasi payudara yang memicu pelepasan hormon oksitosin. 

Untuk mengurangi nyeri, lakukan pijat perut secara rutin, sering-sering buang air kecil, dan mengonsumsi ibuprofen untuk meredakan sakit. Istirahat cukup dan perawatan setelah melahirkan yang memadai sangat dibutuhkan, karena nyeri perut sering kali meningkat jika seseorang terlalu banyak kegiatan.

Jika nyeri perut yang Anda alami disertai perdarahan atau demam, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengetahui penyebab pasti nyeri yang Anda alami dan penanganan yang tepat. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Nyeri Perut Bawah Setelah Melahirkan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar