Sukses

Hasil Pemeriksaan Rontgen Dada

07 Jun 2018, 19:29 WIB
Wanita, 27 tahun.

sore dok, suami saya kmren habis ronsen thorax dan disitu dikasih penjelasan : jantung tidak membesar (CTR < 50%). aorta dan mediastinum superior tidak melebar. trakea ditengah, kedua hillus tidak menebal. corakan bronkovaskular di parahiler parakardial kanan dengan curiga infiltrat di parabronchial. sinus kostofrenikus kanan suram. kedua hemidiafragma dan sinus kostofrenikus kiri baik. kesan : sups bronkopneumonia DD/proses spesifik dengan pleuritis kanan. mohon untuk dijelaskan dok hasir dari ronsen thorak suami. sebelumnya terimakasih dan selamat sore dok

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Hasil Pemeriksaan Rontgen Dada.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Berdasarkan hasil pemeriksaan rontgen yang Anda cantumkan, kemungkinan suami Anda mengalami proses peradangan di paru akibat infeksi, yang dinamakan bronkopneumonia. 

Bronkopneumonia ialah infeksi dan/atau peradangan pada alveoli (kantung udara) dan bronkus (saluran napas). Pada orang yang mmengalami bronkopneumonia dapat mengeluhkan sesak napas akibat penyempitan saluran napas. Gejala yang timbul dapat ringan hingga berat. Secara umum gejala bronkopneumonia yaitu batuk kering atau berdahak terus-menerus, nyeri dada saat bernapas, menggigil sesak napas, demam, sakit kepala dan kelelahan.

Bronkopneumonia dapat disebabkan oleh infeksi virus maupun bakteri. Bila disebabkan oleh virus seringkali tidak membutuhkan pengobatan kecuali gejala sangat berat dapat diberikan antivirus. Namun, bila disebabkan oleh infeksi bakteri, maka perlu diberikan antibiotik. Sebagian besar pasien akan merasa lebih baik setelah meminum antibiotik selama 3-5 hari. Bila disebabkan oleh bakteri dan diberikan antibiotik maka pasien wajib menghabiskan antibiotik sesuai anjuran dokter jangan menghentikan antibiotik hanya karena sudah merasa lebih enak karena dapat menyebabkan resistensi antibiotik.

Selain itu, Anda dapat melakukan hal berikut untuk mengurangi gejala bronkopneumonia:

  • istirahat yang cukup
  • minum air minimal 2L/hari
  • mandi air hangat atau menggunakan humidifier untuk membantu melegakan pernapasan

Pada beberapa kasus dibutuhkan perawatan di rumah sakit, indikasinya antara lain berusia di atas 65 tahun, sesak napas hebat, nyeri dada, penurunan kesadaran, tekanan darah rendah.

Namun, tidak menutup kemungkinan ada penyebab lain dari infeksi paru pada suami Anda. Untuk memastikan kondisi suami Anda, memang sebaiknya Anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter yang memeriksa suami Anda. Diagnosis suatu penyakit harus berdasarkan pemeriksaan secara menyeluruh, meliputi wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Hasil Pemeriksaan Rontgen Dada. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar