Sukses

Pendarahan Setelah Berhubungan intim

07 Jun 2018, 09:53 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok, saya mau tanya. Saya kemarin berhubungan /bercinta sama calon suami saya . tapi ga sampe penis masuk ke rahim saya. Hanya di serviks aja. Nah, lepas itu saya ko jadi banyak mengeluarkan darah mirip haid? Itu bahaya apa gimana ? Soalnya pendarahan / haid bersamaan dgn kejadian saya bercinta . makasih dok

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terimakasih telah bertanya tentang perdarahan setelah berhubungan intim melalui fitur Tanya Dokter.

Yang Anda alami adalah perdarahan dari vagina setelah berhubungan intim. Perdarahan vagina setelah berhubungan intim paling sering terjadi pada wanita muda yang masih dalam rentang usia reproduksi seperti Anda. Jika terjadi pada usia ini, umumnya tidak memerlukan konsultasi dokter lebih lanjut. Namun, bila perdarahan sering terjadi atau selalu terjadi setiap setelah berhubungan intim, dapat merupakan tanda dari kondisi-kondisi berikut:

Infeksi, seperti penyakit radang panggul atau infeksi menular seksual seperti klamidiaVagina yang kering (vaginitis atrofik) disebabkan karena kurangnya pelumas (utamanya setelah menopause)Kerusakan pada vagina, seperti robekan jalan lahirPolip serviks (leher rahim) atau polip endometrium (rahim) yang bersifat jinakEktropion serviks (erosi/luka lecet), di mana terdapat area yang meradang pada serviksPada kasus yang jarang dapat merupakan tanda kanker serviks atau vaginaBila perdarahan vagina hanya terjadi sesekali setelah berhubungan intim, kemungkinan tidak ada yang perlu dicemaskan. Namun, pada kasus Anda terjadi hampir setiap kali berhubungan intim. Di samping itu, darah juga keluar di luar hubungan intim. Kami sarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter kebidanan dan kandungan Anda agar diperiksa secara menyeluruh dan ditentukan penyebabnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai perdarahan setelah berhubungan intim. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar